Jakarta, Aktual.com — Banyaknya variasi makanan saat ini, sering kali membuat kita lupa akan bahaya penyakit yang ditimbulkan bagi tubuh kita. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan racun serta membuang beberapa penyakit dalam tubuh kita yaitu dengan cara ‘detoxification’ (detox atau detoks, red).

Detoks, yaitu proses pembersihan dan pembasmian racun di dalam tubuh manusia. Jadi, ‘Chemical Toxin’ diubah menjadi sesuatu yang tidak berbahaya dan dikeluarkan melalui air kencing atau pembuangan air besar. Biasanya, detox seperti dijadikan ‘treatmen dalam diet yang mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat berfungsi membuang kotoran dalam tubuh.

Laman Boldsky menjelaskan, bagaimana membuat sebuah air minum biasa, menjadi air detoks dengan bantuan beberapa bahan lezat yang biasa kita temukan sehari-hari di dapur rumah. Dengan minuman detoks tersebut, Anda tidak perlu menghabisan waktu berjam-jam untuk membuatnya, karena sangat mudah dan membuat Anda tetap sehat. Berikut beberapa minuman lezat untuk mendetoks-kan tubuh, di antaranya:

Buah Semangka, Lemon dan Mint
Semangka merupakan buah yang sangat nikmat untuk disantap. Buah ini dapat membantu merawat hati dan ginjal Anda dari penyakit berbahaya serta dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh Anda.

Sedangkan lemon, memang sangat baik dijadikan sebagai minuman ‘detox’. Cara membuat minuman ‘detox’ dari ketiga bahan ini cukup mudah, pertama potong semangka menjadi dadu, tambahkan irisan lemon, dan tambahkan segenggam daun mint, lalu tambahkan dua liter air. Diamkan selama semalam, minumlah ketika pagi hari.

Lemon, Timun, dan Mint
Air mentimun adalah agen ‘hydrating’ besar. Dengan menambahkannya ke air, membuatnya kaya akan mineral. Kemudian tambahkan jus lemon dan Anda memiliki resep detoksifikasi yang membantu dalam membersihkan sistem pencernaan Anda juga. Selain dari mint menambah rasa ke dalam campuran. Hal ini juga bersifat berbagai nutrisi.

Apel dan Kayu Manis
Kayu manis jika disajikan sebagai air detoks dapat berfungsi untuk membersihkan organ. Dan, apel menyediakan vitamin serta mineral untuk tubuh kita. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga diri tetap fit dan sehat.

Stroberi
Buah yang satu ini, bukan hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat, seperti antioksidan, vitamin dan mineral. Stroberi juga sangat bagus dijadikan sebagai minuman detoxsifikasi.

Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman yang bagus untuk membuang lemak berbahaya dari tubuh. Hal ini juga kaya akan antioksidan. Jadi, ketika Anda berbelanja, mengganti teh yang biasa Anda dengan teh hijau, Anda akan melihat sendiri manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Mangga dan Lemon
Tambahkan buah mangga dan jeruk nipis untuk air detoks. Ini bagus dalam rasa dan juga kaya akan vitamin C. Buah ini juga merupakan antioksidan yang ampuh.

Air detoks yaitu semua tentang memberikan air dengan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran. Dalam hal ini, kita sedang menggunakan mangga dan jeruk nipis untuk rasa yang lezat, tetapi Anda juga akan mendapatkan antioksidan dari mangga, dan Vitamin C.

()

()