Sejumlah warga yang mengatasnamakan Kaukus Indonesia Hebat (KIH) menyerahkan laporan kepada Mahkamah Kehormatan (MKD) di Ruang Sidang MKD, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2015). Laporan mereka terkait kunjungan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ke Republik Rakyat Tiongkok (Cina) beberapa waktu lalu, menurutnya, pertemuan Zulkifli Hasan dengan para pengusaha China dalam rangka mengajak dan akan menggelar karpet merah kepada mereka agar berinvestasi di Indonesia dinilai telah menyalahi tugas dan kewenangannya sebagai anggota DPR/MPR sebagaimana diatur UU MD3.

Jakarta, Aktual.com — Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) resmi mengganti personel pimpinannya dalam rapat internal yang digelar hari ini, Rabu (13/1).

Pimpinan yang diganti yakni Wakil Ketua MKD dari Fraksi Golkar Kahar Muzakir digantikan Saiful Bahri Ruray dari Fraksi yang sama.

“Ya diganti Saiful Bahri Ruray,” ujar anggota MKD Ridwan Bae di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1)

Ridwan menjelaskan alasan pergantian tersebut karena kini Kahar Muzakir menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

“Iya karena Pak Kahar kan jadi ketua banggar,” jelasnya.

Sementara, Saiful Bahri Ruray resmi menjadi pimpinan MKD usai dilantik Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di ruang MKD dalam waktu yang bersamaan.

()