Jakarta, Aktual.co — Pemain tengah Persipura Jayapura Robertino Pugliara berhasil mengantarkan timnya meraih kemenangan atas Arema Cronous, 2-1 pada laga delapan besar putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa petang (21/10).

Gol Robertino tercipta pada menit-menit akhir babak kedua, dan berhasil membuat skuat asuhan Suharno tertunduk lesu setelah lebih dari 80 menit berhasil menahan imbang Mutiara Hitam dengan skor 1-1.

Gol pemain asal Argentina itu lewat aksi tendangan melengkungnya dari sisi kanan pertahanan Arema melewati sejumlah pemain bertahan dan masuk ke tiang jauh gawang yang dikawal kiper Kurnia Meiga.

Gol tersebut langsung dirayakan sejumlah pemain Persipura dengan mengejar Robertino yang belari ke pinggir lapangan, merayakan gol penyelamat bagi timnya, sementara pemain lainnya langsung bersujud.

Sebelumnya dibabak pertama Persipura sempat tertinggal 0-1 di menit 26 lewat golnya Christian Gonzales yang memanfaatkan umpan Beto Goncalves, namun gol tersebut tidak bertahan lama, karena 10 menit kemudian Ian Louis Kabes berhasil menyamakan skor 1-1.

Di babak kedua, Persipura Jayapura yang bertanding tanpa didampingi pelatih Jacksen F Tiago langsung melancarkan sejumlah serangan ke gawang Kurnia Mega baik lewat kakinya Kapten tim Boaz TE Salossa, maupun Imanuel Wanggai dan Ian Louis Kabes.

Sementara Singo Edan, julukan Arema juga mencoba lakukan serangan balik lewat kaki Hendro Siswanto, I Gede Sukadana dan Gostavo Lopes, tapi selalu gagal di kaki Lim Jun Sik.

Imanuel Wanggai dan Nelson Alom yang begitu sigap memotong bola yang akan diumpankan ke Christian Gonzales atau Beto Goncalves.

Guna mengejar kemenangan, Mettu Dwaramuri yang pada laga ini menjadi pelaksana tugas pelatih kepala menarik Nelson Alom dan memasukkan Ferinando Pahabol di menit 58.

Selanjutnya, menarik keluar Imanuel Wanggai yang mulai berjalan tertatih-tatih setelah aksi solo run-nya untuk membatu serangan Persipura. Imanuel ditarik keluar pada menit 70 dan di gantikan oleh Ricky Kayame, striker muda Persipura.

Di kubu Arema juga demikian, di menit 71 dan 79, pelatih Suharno menarik keluar I Gede Sukadana dan Beto Goncalves dengan memasukkan Syamsul Arif dan Dendy Santoso.

Pada menit 83 terjadi insiden memalukan, Dendy Santoso yang baru bermain beberapa menit terlibat adu jotos dengan pemain sayap kiri Persipura Ruben Sanadi.

Insiden ini kemudian menjadi pemicu sejumlah pemain kedua tim bersitegang, bahkan penonton Persipura melakukan aksi tidak terpuji dengan melemparkan botol bekas air mineral kedalam lapangan.

Dengan adanya aksi ini secara otomatis laga tersebut sempat berhenti belasan menit lamanya, namun panitia penyelenggara pertandingan Persipura dan aparat kepolisian bergerak cepat untuk menghentikan insiden tersebut.

Dendy Santoso dan Ruben Sanadi oleh wasit Najamudin Aspiran asal Balikpapan, dihadiahkan kartu merah untuk memulai laga sisa delapan menit lamanya.

Bermain dengan 10 pemain, kedua tim terlihat berhati-hati namun tuan rumah Persipura berhasil keluar dari tekanan dan mencetak gol lewat kaki mantan pemain PSM Makasar Robertino Pugliara, hingga akhirnya Persipura ungguli tamunya 2-1.

()

()