New York, Aktual.com – Presiden Iran Hassan Rouhani, menekankan diadakannya penyelidikan terkait peristiwa jamaah haji yang terinjak-injak di Mina, Arab Saudi.

Menghadiri pertemuan puncak pembangunan PBB, Rouhani mengungkapkan rasa “penyesalan yang menyayat hati atas insiden di Mekah pada Rabu (23/9), karena korban tewas naik menjadi 769 termasuk sedikitnya 136 warga Iran,” kata Rouhani dalam pidatonya di sidang PBB, dikutip dari AFP, Minggu (27/9).

Pemimpin Iran itu mengatakan ia ingin menekankan perlunya perhatian cepat terhadap jamaah yang cedera, serta menyelidiki penyebab insiden itu dan insiden serupa lainnya dalam ibadah haji pada tahun ini.

Pernyataan itu datang di tengah ketegangan antara Iran dan Arab Saudi selama konflik di Yaman dan Suriah, di mana Riyadh melihatnya sebagai upaya Teheran untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut.

Perang di Suriah dan Yaman adalah salah satu isu utama yang akan dibahas dalam pidato pembukaan Sidang Umum PBB pada Senin (28/9), segera setelah KTT pembangunan dilaksanakan.

()

()