Ilustrasi vaksin

Jakarta, Aktual.com – Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kemayoran Endang Murdiati memberikan tiga tips bagi masyarakat yang akan menerima vaksin COVID-19.

“Pertama  pastikan tubuhnya sehat dan dalam keadaan fit. Karena kalau tidak fit sangat dimungkinkan pemberian vaksin itu ditunda. Untuk itu kan ada screening sebelumnya,” kata Endang saat dihubungi, Sabtu (23/1).

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap bugar (fit) adalah dengan berolahraga rutin dan beristirahat cukup.

“Pastikan sehat saja, Insya Allah dikasih yang terbaik,” ujar Endang.

Tips kedua yang dapat diikuti masyarakat sebelum menerima vaksin COVID-19 adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

“Vitamin bisa konsumsi apa saja, tapi saya sarankan lebih baik konsumsi yang alami ya seperti buah dan sayur karena ada nutrisi lainnya,” kata Endang.

Lebih lanjut, tips terakhir sebelum menerima vaksin COVID-19 adalah menyiapkan tubuh agar tidak stres.

“Ini penting nih. Jangan stres. Ada yang kalau disuntik tangannya dingin. Kadang-kadang juga ada yang pingsan. Itu sebenarnya bukan karena vaksinnya, tapi karena kejadiannya habis disuntik orang kadang jadi takut sama vaksin. Padahal hal-hal itu terjadi karena kondisinya (penerima vaksin) tidak siap,” ujar Endang.

RSUD Kemayoran termasuk dalam salah satu fasilitas kesehatan yang diberikan tanggung jawab menyuntikkan vaksin COVID-19.

Hingga Jumat (22/1) tercatat sebanyak 83 orang tenaga kesehatan telah menjalani vaksinasi di RSUD Kemayoran.

Hingga saat ini belum ada keluhan dari para peserta vaksin COVID-19 di RSUD Kemayoran.

Secara menyeluruh DKI Jakarta menargetkan akan melakukan vaksinasi pada 7,9 juta warga agar tercipta kekebalan komunitas.

Pada distribusi tahap pertama, DKI Jakarta mendistribusikan vaksin ke 488 fasilitas kesehatan dan memberikan prioritas vaksin untuk para tenaga kesehatan. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)