Moskow, Aktual.com – Rusia pada Rabu (23/12), mengeluarkan uang kertas baru untuk Krimea, semenanjung Ukraina yang dicaplok pada 2014 dan diduga untuk memancing kemarahan Kiev, yang menginginkan wilayahnya tersebut dikembalikan.

Rusia merebut Krimea dari Ukraina pada Maret 2014 dalam sebuah operasi militer dan dikecam oleh Barat yang memberlakukan sanksi terhadap Moskow sebagai balasan, hingga saat ini.

Dikutip dari Reuter, uang kertas baru bernilai 100 rubel (1,41 dolar) itu bergambar kapal yang tenggelam di pelabuhan Sevastopool, tempat Rusia menyiagakan Armada Laut Hitam, dan Swallow’s Nest, sebuah puri di puncak tebing dekat Yalta.

Pada uang kertas berwarna kuning itu juga tercetak gambar cap air Empress Catherine the Great, yang memperpanjang perbatasan Kerajaan Rusia pada abad ke-18 dengan memasukkan Krimea.

Bank sentral Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan, akan mengeluarkan uang kertas tersebut sebanyak 20 juta. Sebelumnya bank sentral telah mencetak koin 10 rubel untuk merayakan penguasaan Rusia atas Krimea.

(Ant)

()