Moskow, Aktual.com – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) terlibat langsung dalam pengembangan komponen senjata biologis di Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis (24/3).

Proyek-proyek biologis Ukraina secara langsung dikembangkan serta disetujui oleh Pentagon, ujar juru bicara Kemhan Rusia Igor Konashenkov dalam konferensi pers.

Konashenkov mengungkapkan bahwa temuan itu didapat dari dokumen-dokumen yang diterima dari staf Ukraina, yang bekerja di laboratorium biologis tersebut, dan kemudian dipelajari oleh para pakar Rusia.

Salah satu proyek itu disebut bertujuan untuk melaksanakan analisis molekuler, khususnya terhadap endemi infeksi berbahaya di Ukraina, dan melibatkan sampel patogen-patogen dari lokasi kuburan hewan guna mendapatkan galur baru antraks.

Lebih lanjut, menurut Konashenkov, sebuah perusahaan farmasi yang dikontrak Pentagon –markas besar Dephan AS– telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertahanan Ukraina untuk menguji coba obat-obata medis yang tidak terdaftar pada anggota dinas militer Ukraina.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)