sukmawati soekarnoputri saat mengikuti ritual pengelukatan (Ist)

Bali, Aktual.com – Sukmawati, yang merupakan Putri mantan Presiden Soekarno pun kini sah menjadi pemeluk agama Hindu setelah menjalani prosesi Sudhi Wadani di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Buleleng, Bali.

Prosesi yang berlangsung pada Selasa (26/10) tersebut dihadiri sejumlah keluarga, mulai dari keluarga Pasek Bale Agung alias keluarga Ida Ayu Nyoman Rai Srimben – neneknya, Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI)  Buleleng, serta Pandita yang memimpin prosesi Sudhi Wadani. 

Bahkan saat menjalani prosesi tersebut Sukmawati pun nampak tak kuasa membendung air mata saat membacakan sikap dan janji menjadi umat Hindu. 

“Ketika beliau membacakan janji, sangat sedih, menangis dan melanjutkan pembacaan itu. Begitu juga saat pembacaan sumpah yang disaksikan  para saksi,” ungkap Jro Mangku Tatar Pasek Bale Agung, Gde Made Swardana, selaku saksi dari pihak keluarga Bale Agung. 

Dalam upacara yang bersifat tertutup dan terbatas, upacara perpindahan kepercayaan itu berjalan dengan lancar. Setelah melakukan upacara Sudhi Wadani, akan dilangsungkan upacara metatah di bangunan Bale Gede. Selanjutnya Sukmawati melakukan proses persembahyang di Pura Merajan Dadia Pasek Bale Agung dan Pura Desa Adat Buleleng.

 

(Andy Abdul Hamid)