Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi didampingi Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek, KH. Muhammad Musthofa Aqil Siradj (kiri) saat berdialog dengan para santri. Foto: Ist/Aktual
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi didampingi Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek, KH. Muhammad Musthofa Aqil Siradj (kiri) saat berdialog dengan para santri. Foto: Ist/Aktual

Cirebon, Aktual.com – Usai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Majalengka, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyambangi Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (1/9/2022).

Kedatangan Wamentan diterima langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek, KH. Muhammad Musthofa Aqil Siradj.

Pada kesempatan itu, mantan bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengajak para santri untuk tertarik dengan sektor pertanian. Menurutnya, warga NU yang mayoritas petani mempunyai potensi besar dalam menggarap pertanian, baik on farm maupun off farm.

“Para santri juga bisa melakukan kegiatan on farm maupun off farm. Kita punya pelatihan-pelatihan, misalnya tertarik dengan kopi mulai dari hulu sampai ke hilir, atau tanaman pangan. Keluarga besar NU ini mayoritas petani, ini merupakan potensi yang sangat besar,” kata Wamentan saat berdialog dengan para santri, didampingi KH. Muhammad Musthofa Aqil Siradj.

Ketua Umum Forum Komunikasi Kerukunan Antar Suku (FK2AS) ini pun berharap agar para santri NU mempunyai ketertarikan dengan sektor pertanian.

Sebab pemerintah saat ini tengah menggiatkan anak-anak muda, termasuk santri, untuk terjun ke pertanian.

“Diharapkan santri-santri NU ini mempunyai ketertarikan dengan dunia pertanian. Semoga program-program kami juga dapat diserap oleh para santri,” ujarnya.

Wamentan Harvick saat berziarah ke makam Almarhum KH. Aqil Siroj serta sesepuh dan masyayikh Kempek, bersama Kiai Muhammad Bin Ja'far (kiri). Foto: Ist/Aktual
Wamentan Harvick saat berziarah ke makam Almarhum KH. Aqil Siroj serta sesepuh dan masyayikh Kempek, bersama Kiai Muhammad Bin Ja’far (kiri). Foto: Ist/Aktual

Usai berdialog dengan para santri, Wamentan menuju maqbaroh untuk berziarah ke makam Almarhum KH. Aqil Siroj serta sesepuh dan masyayikh Kempek, didampingi Kiai Muhammad Bin Ja’far.

Selain itu, ia juga menyempatkan untuk berdoa dan bertawassul di makam Almarhun Mbah KH. Idris Kamali yang merupakan menantu Almarhum Hadratussyaikh Mbah KH. Hasyim Asy’ari, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Makam ini sering didatangi mantan Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj setiap pulang ke Pondok Pesantren KHAS Kempek.

(A. Hilmi)