Jakarta, Aktual.comSatuan Gugus Tugas (Satgas) Dai Peduli Umat yang dibentuk KODI DKI Jakarta berkolaborasi bersama Forum Komunikasi Lembaga Dakwah (FKLD) dan Syiar Dai Indonesia (SDI) meresmikan Program Layanan Korban Covid- 19.

Posko layanan berpusat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara yang saat ini difungsikan sebagai pemakaman jenazah Covid-19.

Dalam layanan Korban Covid-19 ini terfokus beberapa program diantaranya layanan jenazah korban Covid- 19, layanan talqin dan doa, layanan tahlil online, layanan ziarah kubur dan layanan tadzkiratul maut online.

“Dalam acara launching hari ini kami melaksanakan ziarah di area pemakaman TPU Covid-19 Rorotan,” kata Ketua KODI DKI Jakarta KH Jamaluddin F Hasyim dalam keterangannya, Jumat (6/8).

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Jamaluddin mengatakan, Satgas Dai Peduli Umat juga memberikan dukungan semangat kepada para petugas pemakaman dengan membagikan paket nasi kebuli kepada mereka.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa untuk merealisasikan program tersebut, pihaknya sedang menunggu surat izin dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta,

“Surat izin diperlukan agar KODI DKI bisa mendirikan posko layanan rohani bagi korban Covid-19,” kata Kiai Jamaluddin.

Ketua Syiar Dai Indonesia yang juga Ketua Pelaksana Satgas Dai Peduli Umat, Ustaz Rakimin Al-Jawiy menambahkan, program layanan rohani korban Covid-19 ini sangat dibutuhkan.

Hal ini, lanjut Ustadz Rakimin, tampak dari sambutan para petugas di area TPU Rorotan yang sangat antusias dengan peresmian Satgas Dai Peduli Umat.

“Layanan korban Covid-19 ini memang hakikatnya mengandung nilai-nilai takziah yang dapat memberikan dukungan moril maupun spiritual, menghibur keluarga musibah dan turut mendoakan para arwah yang meninggalkan mereka,” kata Ustadz Rakimin.

(As'ad Syamsul Abidin)