Pasar murah yang berlangsung hingga tanggal 20 Juni 2017 tersebut digelar sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan dan menstabilkan harga kebutuhan pokok yang selalu naik menjelang Lebaran. AKTUAL/Munzir

Sukabumi, Aktual.com – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Sukabumi, Jawa Barat meningkatkan pengawasan terhadap alur distribusi dan persediaan kebutuhan pokok masyarakat antisipasi adanya aksi penimbunan.

“Menjelang Ramadan ini ada beberapa komoditas yang permintaan dari masyarakatnya naik, maka dari itu pengawasan ini bertujuan untuk antisipasi terjadinya aksi penimbunan,” kata Waka Polres Sukabumi Kota Kompol Imam Rachman di Sukabumi, Jumat (4/5).

Menurutnya, imbas jika adanya penimbunan suatu barang maka akan mempengaruhi terhadap persediaan dan akhirnya harganya akan melambung karena permintaan dari masyarakat bisa dipenuhi.

Namun demikian, mendekati Ramadan ini pihaknya belum mendapakan informasi adanya aksi penimbunan baik dari anggotanya di Satgas Pangan maupun masyarakat.

Tapi, jika ada oknum yang melakukan penimbunan maka pihaknya akan langsung menindak tegas dan menjerat dengan pasal yang sudah diamanahkan dalam undang-undang dan tidak menutup kemungkinan izin usahanya dicabut.