Aceh Jaya
Ilustrasi kebakaran/DOK/ANT

Aceh, Aktual.com – Lahan seluas satu hektare di Gampong Alue Piet, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya terbakar sekitar pukul 11.45 WIB, Jumat (20/1).

“Setelah mendapat informasi adanya kebakaran lahan dari masyarakat, tim langsung bergerak ke lokasi guna memadamkan api agar tidak meluas,” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri di Calan, Jumat (20/1).

Ia menjelaskan untuk memadamkan api yang membakar lahan seluas satu hektare tersebut pihaknya mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Panga.

“Alhamdulillah api berhasil kita dipadamkan sekira pukul 12.10 WIB,”katanya.

Menurut dia, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan kosong milik masyarakat setempat dan untuk penyebab kebakaran tersebut sedang dilakukan penyelidikan oleh pihak berwenang.

“Kita belum mengetahui penyebab kebakarannya, apakah dibakar atau gara-gara puntung rokok dan ini masih dalam penyelidikan Polisi,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada pada saat membuka lahan baru apalagi saat ini wilayah Aceh Jaya masuk musim kemarau sehingga sangat mudah terbakar.

“Kami minta masyarakat tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan di kawasan mudah terbakar,” katanya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengimbau warga di daerah tersebut agar tidak membakar lahan sembarangan karena berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan menyusul akan memasuki musim kemarau.

“Sesuai dengan informasi BMKG, wilayah kita akan memasuki musim kemarau dengan keadaan cuaca panas. Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya petani untuk tidak membakar lahan sembarangan guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri.

(Wisnu)