Susilo Bambang Yudhoyono. AKTUAL/Tino Oktaviano

Surabaya – Mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), siang ini dijadwalkan tiba di gedung negara Grahadi Surabaya untuk menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 dan HUT ke-71 PWI tingkat Jawa Timur.

“Kemarin beliaunya bisa memastikan datang. Dan hari ini belum ada perubahan. Jadi ,kemungkinan beliaunya pasti datang.” kata Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir, (29/3).

Ahmad Munir juga mengatakan, SBY sengaja diundang, karena merupakan tokoh nasional asal Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan berupa Anugerah Prapanca Agung dari PWI Jawa Timur

Usai mendapatkan penghargaan, lanjut Ahmad Munir, nantinya SBY juga berencana akan memberikan orasi kebangsaan dengan topik Demokrasi dan Pers.

Diketahui, hampir setiap tahun PWI Jatim memberikan penghargaan berupa Award kepada para tokoh nasional asal Jawa Timur yang dinilai memiliki prestasi terbaik di bidangnya masing-masing.

Tetapi, untuk Anugrah Prapanca Agung yang akan diberikan kepada SBY, tidak setiap tahun ada. Dan tahun ini justru baru pertama kalinya.

“Kalau penghargaan anugrah berupa award, setiap tahun selalu ada. Tapi kalau Prapanca Agung, baru tahun 2017 ini diberikan. Sebab, Anugerah Prapanca Agung ini tidak sembarang orang bisa menerima dan tidak setiap tahun diberikan.” lanjut Munir.

Semenatara, beberapa tokoh nasional yang pernah menerima PWI Jatim Award diantaranya Ketua MK Mahfud MD, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Jenderal Bahrudin Haiti dan Menseskab Pramono Anung.

(Ahmad H Budiawan)

(Andy AbdulHamid)