Pelalawan, Aktual.com – Ulang tahun Ikatan Wartawan Online (IWO) yang ke-10 tahun diselenggarakan di Kabupaten Pelalawan. Peringatan satu dekade IWO Perwakilan Wilayah (PW) Provinsi Riau menunjuk Perwakilan Daerah (PD) Pelalawan menjadi tuan rumah. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Gor Tengku Pangeran dan di hotel Fanbinari Pangkalan Kerinci, Senin (29/8).

Dalam memperingatan HUT IWO yang ke-10 tahun, IWO PW Provinsi Riau mengadakan beberapa kegiatan yaitu pertandingan Futsal antar IWO PD se-Riau pada siang hingga sore hari di GOR Tengku Pangeran sedangkan diskusi publik dilaksanakan di malam hari di hotel Funbinari.

Kavilah Sumarito Ketua IWO PW Riau menyampaikan kegiatan ini diadakan di Pelalawan. Kami menunjuk IWO PD Pelalawan sebagai tuan rumah dalam rangka peringatan IWO yang ke 10 tahun. Ia berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyiapkan acara hingga terlaksana dan berjalan sukses.

“Kami sebagai penanggung jawab peringatan HUT IWO yang ke-10 melihat kegiatan ini sangat mengesankan oleh penampilan marching band dari anak-anak sekolah dasar negeri 006 Pangkalan Kerinci ini,” ujar Kavilah.

Dana Sipayung ketua IWO Perwakilan Daerah (PD) Pelalawan menyampaikan, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT IWO tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia menjelaskan bahwa tahun sebelumnya kegiatan selalu diakan di Pekanbaru sedangkan sekarang sudah ke daerah yang di tunjuk oleh IWO PW Riau dan ditambah lagi tahun ini kami membuat diskusi publik untuk sesama rekan wartawan.

Acara pembukaan pertandingan futsal dalam rangka HUT IWO, dilakukan penendangan bola pertama oleh Ketua umum IWO sebagai tanda dimulainya turnamen futsal antar PD IWO se-Riau. Ia menjelaskan untuk turnamen futsal Cup I tahun lalu yang di adakan oleh PW Riau, PD IWO Pelalawan keluar sebagai Juara satu(1).

“Karena Pelalawan juara 1 maka kami ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun ini, nanti malam akan ada rangkaian kegiatan di penginapan yaitu diskusi publik dengan tema “Kemerdekaan pers di era digital,” jelas Payung.

Ketua Umum IWO Jodhi Yudono dalam sambutan nya menyampaikan dengan tema Bhakti IWO untuk Indonesia, IWO mengajak seluruh wartawan untuk bisa berbhakti untuk Indonesia. Berbakti itu tidak harus bekerja di pemerintahan tetapi jadi wartawan juga bisa berbhakti sebagai kontrol sosial dimasyarakat dan pemerintahan. Perwakilan Daerah IWO Pelalawan saat ini sudah berbhakti kepada Indonesia, dengan menampilkan anak marching band yang penuh dengan kreativitas.

Lanjut Jodhi, pada era digital ini anak anak SD itu tidak seharusnya terpengaruh dengan gaya hidup orang dewasa, contohnya anak-anak zaman sekarang sudah lebih melek dengan dunia digital. Padahal anak seumur mereka ini adalah masa masanya bermain dan mengenal lingkungan yang positif.

Disaat pidato pembukaan HUT IWO Jodhi menyempatkan memberi edukasi kepada anak-anak marching band SDN 006 , tentang kehidupan masa kanak-kanak. Dikesempatan itu juga, ia mengajak siswa-siswi SDN 006 bernyanyi bersama.

“Mirisnya saat ini anak-anak lebih hafal lagu tiktok yang ada disosial media, oleh karena itu di HUT IWO¬† yang ke 10 tahun ini, mari kita ciptakan bhakti untuk Indonesia dengan memberikan edukasi kepada anak-anak yang tidak seharusnya masuk ke dunia digital yang belum pantas untuk mereka,” tutup Jhodi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dodi Asma Putra yang hadir pada acara ulang tahun IWO sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh PD IWO Pelalawan. Ini adalah hal yang luar biasa dan penampilan yang sangat bagus. Dodi juga memberikan ucapan selamat kepada IWO.

“Semoga dengan usia sudah 10 tahun ini, IWO bisa bergerak sebagai kontrol sosial. Semoga kedepannya lebih maju dan jaya,” tutup Dodi

Kegiatan peringatan HUT IWO yang dibuka di Gor Tengku Pangeran dihadiri oleh Ketua Umum IWO Jodhi Yudono, Komisioner Kejaksaan RI Ibnu Madjah SH.MH, Anggota DPRD Pelalawan H. Abdullah, Kadispora Dodi Asma Saputra, Ketua Askab PSSI Pelalawan Wazirsyah.

 

 

 

(Ikhwan Nur Rahman)