54 siswa SMPK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo mengikuti penetapan kelulusan secara tatap muka (dok. Jef Dain)
54 siswa SMPK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo mengikuti penetapan kelulusan secara tatap muka (dok. Jef Dain)

Labuan Bajo, Aktual.com – Sebanyak 67 siswa SMPK St. Ignatius Loyola, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT dinyatakan lulus 100 persen setelah mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) kelas IX.

Pengumuman kelulusan tersebut,  disampaikan oleh Pastor Heribertus Karno selaku Kepala Sekolah SMPK St. Ignatius Loyola setelah Perayaan Ekaristi perutusan bagi 67 siswa yang melanjutkan pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) pada Rabu, (2/6) lalu.

“Ke 67 siswa SMPK St. Ignatius Loyola dengan rincian 33 laki-laki dan 34 perempuan dinyatakan lulus 100 persen,” ungkap Pastor Heri, dikutip dari berita acara kelulusan SMPK St. Ignatius Loyola yang sudah mengantongi akreditasi A tersebut.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, ke-54 siswa yang hadir terlihat sangat antusias atas prestasi yang telah diraih. Sementara 13 peserta didik yang lain tidak sempat hadir dalam pengumuman tersebut, karena berhalangan.

“Ada yang sakit. Juga ada yang lain berhalangan,” ungkap Elisabeth Deze, S. Pd, salah satu pendidik di sekolah itu kepada awak media.

Dalam penetapan kelulusan tersebut, ada 10 peserta didik yang menorehkan nilai terbaik. Ke-10 peserta didik yang menorehkan nilai terbaik berturut-turut dari peringkat 10 yakni Maria J. L. Hera, Eufrosia M. J. Halus, Maria B. Medi, Odilia I. M. Pampur,  Preseveranda D. Vista, Elisabeth L. F. Tanja,  Maria G. Bela Mawar, Maria F. Reinalda, Felisitas K. Nadia, dan Kristina H. D. Uden.

“Yang mendapat peringkat 1-3, berhak mendapatkan sertifikat penghargaan dari sekolah yaitu Maria F. Reinalda, Felisitas K. Nadia, dan Kristina H. D. Uden,” ungkap Kaur Kurikulum, Gabriel Budirligen.

Penentuan kelulusan ini ditetapkan sekolah berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

(Florianus Jefrinus Dain)

(Nusantara Network)