Jakarta, Aktual.com – Sedikit-dikitnya 13 orang tewas dalam perkelahian di sebuah penjara di Nuevo Leon, Meksiko utara, dan pasukan keamanan dikerahkan untuk menghentikan kekerasan tersebut, kata petugas keamanan setempat pada Selasa.

Perkelahian di dalam penjara Cadereyta, daerah pinggiran Monterrey bermula pada tadi malam, kata beberapa pejabat. Sejumlah anggota keluarga dengan cemas berkumpul di luar penjara pada siang harinya, menunggu kabar tentang orang yang mereka cintai.

Sebuah aksi protes yang dilakukan narapidana semalam telah tak terkendali, satu tahanan tewas, sejumlah penjaga ditangkap sebagai sandera, kata juru bicara keamanan Nuevo Leon, Aldo Fasci kepada wartawan.

Petugas polisi dikerahkan untuk meredakan keadaan, namun ketegangan meningkat dengan melibatkan sekitar 250 narapidana, katanya.

“Sekitar pukul lima sore, pasukan keamanan membuat keputusan untuk mengerahkan kekuatan guna mencegah tewasnya penjaga keamanan sekaligus menghentikan jatuhnya korban jiwa dari pihak narapidana,” kata Fasci.

“Jika kami tidak mengambil keputusan ini, akan banyak korban jiwa yang berjatuhan,” katanya.

Belum jelas berapa banyak korban tewas akibat perkelahian dan berapa banyak yang tewas akibat pengerahan kekuatan aparat keamanan, katanya. Delapan orang lagi menderita luka parah, tambahnya.

(Nebby)