Aktual.com – Korea Utara dan Korea Selatan, untuk pertama kalinya saling berhadapan dalam partai sepakbola di Pyongyang, setelah hampir tiga dekade.
Kedua tim berbagi hasil imbang 0-0 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, yang digelar di Kim Il-sung Stadium, Selasa (15/10).
Duel tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi kedua negara bermain di tanah Korea Utara sejak partai uji coba pada 1990 silam.
Terakhir kali mereka bertemu di Jepang pada 2017, ketika Korea Selatan menang 1-0 atas Korea Utara dalam turnamen Piala Asia Timur.
Pertandingan ini bergulir pasca adanya ketegangan baru antara dua negara semenanjung Korea tersebut, yang memburuk setelah tahun lalu muncul sinyal hubungan mereka bisa ke arah yang lebih baik.
Hasil imbang dirasa bagus oleh Korea Utara, yang menatap pertandingan sebagai tim non-unggulan. Korea Selatan berperingkat FIFA 37, jauh lebih tinggi dari Korea Utara 113.
Presiden FIFA, Gianni Infantino menyaksikan laga bersejarah di stadion yang tanpa penonton tersebut.
Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min bermain penuh selama 90 menit bagi pasukan Paulo Bento.
Hasil ini membuat kedua tim berbagi tujuh poin di puncak Grup H dari tiga pertandingan yang sudah dilewati dalam fase kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Asia.
Selanjutnya Korea Selatan dijadwalkan akan menjamu saudara serumpunnya itu pada Juni 2020 mendatang.
(Fadlan Butho)