Inggris, Aktual.com- Salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara adalah Inggris. Negara yang menganut sistem Kerajaan tersebut merupakan sistem kepemerintahannya secara turun temurun, tak heran, jika banyak beberapa tempat bangunan bersejarah yang dibangun berupa castil-castil seperti cerita dalam Kartun dan negeri dongeng.

Selain itu, banyak monumen-monumen kuno yang dibangun di masa prasejarah. Dan, yang paling terkenal adalah Stonehenge, Devil’s Arrows, Rudston Monolith dan Castlerigg. Oleh karena itu, Inggris menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Berikut beberapa tempat di Inggris yang sayang Anda lewatkan:

Menara Jam ‘Big Ben’
Big Ben merupakan sebutan populer untuk Elizabeth Tower atau menara jam yang menjadi landmark dan ikon kota London dan negara Inggris. Menara ini terletak di ujung Westminster Bridge, Parliament Square, London, dan merupakan bagian ujung sebelah timur dari Palace of Westminster.

Sebagai landmark kota London, ‘Big Ben’ menjadi tempat wisata terkenal di Inggris. Dan, merupakan destinasi utama para turis. Menara ini juga dijadikan sebagai pusat perayaan tahun baru setiap tahunnya oleh warga Inggris.

London Eye
London Eye, yang mempunyai nama resmi EDF Energy London Eye, merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris yang terletak di jantung kota london. Kincir ria ini berada di tepi selatan sungai Thames, tepatnya di Jubilee Gardens, London, dan berseberangan dengan Westminster Palace dan Big Ben di seberang sungai.

London Eye merupakan kincir ria tertinggi di dunia, dengan tinggi 135 m.Namun posisinya tergeser setelah dibangun Star of Nanchang di Cina ﴾setinggi 160 m﴿ pada tahun 2006 dan Singapore Flyer ﴾setinggi 165 m﴿ pada tahun 2008. London Eye atau Millenium Wheel menjadi tempat wisata berbayar terpopuler di Inggris, dengan jumlah kunjungan mencapai 3,5 juta orang per tahun.

Istana Buckingham
Buckingham Palace atau Istana Buckingham adalah istana kediaman resmi ratu Inggris di London, dan kantor pusat administratif kerajaan. Istana ini terletak diantara St James’s Park dan Green Park, tepatnya di ujung jalan The Mall, City of Westminster, London pusat.

Istana Buckingham merupakan tempat diadakannya upacara‐upacara kerajaan, tempat menerima kunjungan negara, dan tempat pelantikan jabatan. Istana ini bukan hanya rumah bagi keluarga kerajaan Inggris, tetapi juga sebagai kantor rumah tangga kerajaan, tempat bekerja bagi 450 orang stafnya, dan tempat tinggal sejumlah staf. Dengan membeli tiket masuk, pengunjung bisa memasuki Istana Buckingham dan melihat ruangan‐ruangan mewah yang didekor dengan karya seni tinggi.

Madame Tussauds
Madame Tussauds merupakan Museum lilin yang didirikan oleh Marie Tussaud, seorang seniman berkebangsaan Prancis. Madame Tussauds di London merupakan Museum lilin Madame Tussauds yang asli dan pertama didirikan, berdiri sejak tahun 1884 di Marylebone Road, London, Inggris. Saat ini Madame Tussauds telah memiliki 11 cabang yang tersebar di kota‐kota besar di beberapa negara.

Wesminter Abbey
Wesminter Abbey dengan gaya gothic yang dihiasi dengan kaca bergambar dan ukiran batu yang rumit adalah situs warisan budaya UNESCO. Sejak tahun 1066 setiap Raja atau Ratu dinobatkan di tempat ini, Wesminter Abbey juga menjadi tempat dari pernikahan anggota kerajan termasuk Ratu Elizabeth dengan Yang Mulia Duke of Edinburgh, dan Wills & Kate di tahun 2011.

17 Raja atau Ratu dan tokoh-tokoh terkenal seperti Charles Dickens, Thomas Hardy, Sir Isaac Newton, Rudyard Kipling, Charles Darwin dan Geoffrey Chaucer dimakamkan di Westminter Abbey.

Menara London
Dibangun pada tahun 1066 oleh Wiliiam teh Conqueror, Menara London dijaga oleh Beefaters (pasukan penjaga khusus Menara London) yang bertugas menjaga burung gagak hitam di menara ini. Menurut legenda jika burung gagak hitam pergi meninggalkan menara, maka White Tower (menara putih) akan runtuh dan akan terjadi musibah besar di Inggris.

Menara ini pernah menjadi penjara dan tempat untuk eksekusi hukuman bagi para bangsawan, termasuk istri-istri dari Henry VIII. Selanjutnya menara ini menjadi observatorium, gudang senjata, kebun binatang, gudang harta, dan percetak uang logam kerajaan (Royal Mint). Sekarang menjadi Museum publik di mana anda bisa mengaggumi 23,578 permata yang digunakan untuk menghias mahkota.

()