Wamentan Harvick bersama sejumlah petani milenial dari Padang Mangateh, Sumatera Barat. Foto: AKTUAL/istimewa
Wamentan Harvick bersama sejumlah petani milenial dari Padang Mangateh, Sumatera Barat. Foto: AKTUAL/istimewa

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kedatangan sejumlah petani milenial dari Padang Mangateh, Sumatera Barat di ruang kerjanya, Jakarta, Kamis (15/12/2022) sore. Belasan petani muda tersebut datang mengunjungi Wamentan untuk berdiskusi terkait potensi pertanian nasional bagi kaum muda.

Wamentan Harvick mengatakan pihaknya terus berupaya agar muncul para petani muda, dalam hal ini milenial.

Berdasarkan data terakhir, jumlah petani ‘senior’ saat ini ada sekitar 62 persen. Sementara petani milenial sebanyak 38 persen dari jumlah petani sekira 33 juta.

“Yang milenial terus meningkat terus dari tahun ke tahun ini. Karena terus kita rangsang bagaimana kita dapat memberikan tentu saja insentif, sekalian bagaimana agar petani muda ini mudah mengakses tidak sulit,” kata Wamentan dalam keterangan tertulisnya.

Artinya, kata dia, tidak sulit baik regulasi soal ekspor, budidaya hingga pengolahan.

“Ini banyak sekali programnya di pemerintah pusat. Maka kita sangat terbuka sekali masyarakat melihat program-program kementerian,” tuturnya.

Selain itu, Wamentan Harvick juga mendorong agar para petani muda tersebut tidak hanya bergiat di on farm saja atau budidaya, tetapi juga off farm atau hilirisasi produk pertanian.

“Kalau bahasa sederhana kami hilirisasi ini adalah produk meja artinya siap saji ya bisa langsung hand to hand di masyarakat bisa langsung sampai ke masyarakat dari do to dor dari rumah ke rumah,” ujar tokoh muda NU tersebut.

(A. Hilmi)