Sebanyak 200 ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA) Senin, (10/10) (Foto: Dok. PTIC)

Singkawang, Aktual.com – Sekretaris Jenderal Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC), Dodi Iswanto menerima laporan dari pengurus PTIC di daerah bahwa Kemenkominfo yang dipimpin oleh Johnny Gerard Plate melakukan intervensi peningkatan kompetensi di bidang digital kepada para ASN dan banyak diantara mereka adalah pendidik.

Salah satu titik lokasi pelatihan di Kota Singkawang Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada Senin, 10 Oktober 2022, Sebanyak 200 ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Digital Talent Scholarship (DTS) yang bertujuan untuk mencetak talenta-talenta digital.

Kegiatan pelatihan GTA ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Kota Singkawang ini. Dalam kesempatan ini dibuka 3 (tiga) skema pelatihan, yaitu Junior Graphic Design (JGD), Junior Office Operator (JOO) dan Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD).

Pelatihan GTA ini berlangsung selama lima hari untuk skema pelatihan JGD dan JOO. Kemudian empat hari untuk skema pelatihan FPD.

Bertempat di SMK Negeri 2 Singkawang, pelatihan dilakukan secara teknis melalui aplikasi Learning Management System (LMS). Di mana bahan materi dan penugasan sudah terkumpul di LMS tersebut. Jadi, bentuk pelatihan sudah dilaksanakan secara digital dan semuanya paperless sehingga tidak perlu menggunakan kertas lagi. Selama pelatihan, kami dibimbing oleh Tutor dan Widyaiswara yang memang sudah ahli di bidangnya dari Pusdiklat Kementerian Kominfo RI.

Sekarang kita sebagai ASN dituntut untuk bertransformasi secara digital. Peningkatan kompetensi TIK (literasi digital) sangat dibutuhkan dalam menunjang layanan pendidikan di era digital. Setelah mengikuti pelatihan, kami berharap dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam proses mengajar pada anak didiknya di satuan kerja masing-masing. Sehingga kegiatan pembelajaran bisa terlaksana dengan efektif, menyenangkan juga berkualitas.

Ketua PTIC Kota Singkawang, Arie Tiyawarman, sekaligus salah satu peserta dari Skema Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD) 2022 sangat berterimakasih dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemkominfo, Diskominfo Kota Singkawang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Lembaga Pendidikan, Organisasi Profesi; PGRI, IGI, JSDI, Pergunu, dan PTIC Kota Singkawang. Selanjutnya, diharapkan kegiatan ini juga bermanfaat untuk pengembangan literasi digital dan juga teacherpreneur dalam peningkatan kualitas SDM guru di Kota Singkawang.

Teacherpreneur diharapkan memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan networking yang menghasilkan pekerjaan-pekerjaan baru di masa depan, yang berbasis digital menuju era transformasi digital 5.0. PTIC hadir untuk mengisi yang belum terisi, yaitu menumbuhkan martabat guru dari sisi financial dengan memajukan jiwa enterpreneur di kalangan pendidik serta menjadikan anak didik tumbuh kreatif demi masa depan. Tagline PTIC, Guru cerdas didalam dan diluar kelas diharapkan mampu mewudkan cita-cita PTIC yaitu Guru Cerdas Indonesia Emas.

(Nurman Abdul Rahman)