Ilustrasi Upacara Bendera HUT RI di Istana Negera
Ilustrasi Upacara Bendera HUT RI di Istana Negera

Jakarta, Aktual.com – Sekretariat Presiden masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Memperingati HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 hingga Selasa (16/8) sore.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan pendaftaran upacara virtual melalui laman www.pandang.istanapresiden.go.id ditutup pada Selasa (16/8) pukul 17.00 WIB.

“Yang mendaftar (upacara fisik), kita alihkan mendaftar virtual. Sampai sekarang sudah 55 ribu orang,” kata Heru saat ditemui pada Acara Gladi Kotor Peringatan HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (14/8).

Heru menjelaskan upacara virtual dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak bisa mengikuti upacara secara fisik di Istana Merdeka.

Pihak Istana pada tahun 2022 menyelenggarakan upacara secara terbuka untuk masyarakat umum dengan kuota 4.000 undangan yang dibagi untuk dua sesi, yakni Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Tahun ini, undangan upacara fisik sudah mencapai kuota penuh sejak tiga hari pendaftaran dibuka.

“Di hari ketiga kita buka pendaftaran sudah ‘full’ sudah tutup. Sudah tidak bisa lagi karena kan tidak ada tempat. Yang mendaftar tapi tidak bisa, kita alihkan mendaftar virtual,” ungkap Heru.

Sekretariat Presiden membuka kuota untuk undangan virtual hingga 77 ribu peserta. Saat ini jumlah peserta yang mendaftar mencapai 55 ribu orang.

Menurut Heru, upacara virtual pada HUT Ke-75 RI berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pelaksanaan upacara yang diikuti peserta dengan jumlah terbanyak secara daring.

Istana masih pada hari Minggu melakukan gladi kotor untuk persiapan rangkaian kegiatan Peringatan Detik-Detik Proklamasi Memperingati HUT Ke-77 RI pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Berbeda dengan dua tahun terakhir, Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45.

Pada Senin (15/8), Istana akan melakukan gladi bersih untuk menyamakan waktu atraksi “fly pass” oleh TNI AU dengan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka.

(Warto'i)