Jakarta, Aktual.com – Nabi adam diciptakan oleh Allah Swt. dari tanah liat. Pada awalnya beliau tinggal di surge bersama istri tercinta yaitu ibu Hawa, kemudian terjadilah sebuah peristiwa besar dimana Iblis menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam As sebagai penghormatan, yang menyebabkan terusirnya Iblis dari surga.

Hal tersebut membuat Iblis marah dan dendam terhadap nabi Adam As, yang mereka anggap sebagai penyebab celakanya mereka, dan bersumpah untuk menyesatkan keturunan Nabi Adam As atau Bani Adam, sehingga mengikuti mereka dan bersama sama celaka di dalam neraka.

Sumpah Iblis tersebut dinyatakan Allah Swt.dalam surah al- Aa’rof ayat 16 -17 yang isinya :

قَالَ فَبِمَآ أَغْوَيْتَنِى لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرٰطَكَ الْمُسْتَقِيمَ

ثُمَّ لَءَاتِيَنَّهُم مِّنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمٰنِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شٰكِرِينَ:

Artinya : “Iblis(menjawab) “sebagaimana engkau telah menyesatkan aku ,aku selau akan menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari arah depan, dari belakang, dari kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka bersyukur” ( QS. Al A’rof 16-17 )

Kita mengetahui dari ayat tersebut, betapa Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan bani Adam dari jalan Allah Swt yang lurus, mereka berusaha menggoda Bani Adam baik dari depan , belakang dan kedua sisi mereka.

Sehingga Kaum mukminin ( bani Adam ) mengikuti jalan mereka, lalu tersesat masuk kedalam neraka . Dan telah kita ketahui pula bahwasanya Iblis telah berhasil mengelabuhi Nabi Adam As beserta istrinya agar memakan buah khuldi, yang menyebabkan beliau dan istrinya juga diturunkan dari surge ke bumi.

(Abdul Hamid)