Salah satu teknologi yang menjadi andalan BNI untuk memberi pengalaman perbankan digital terbaik adalah melalui produk mesin BNI Sonic. AKTUAL/IST

Jakarta, aktual.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyajikan bermacam pengalaman perbankan digital kepada pengunjung BNI Java Jazz Festival 2020 sejak gelaran hari pertama yang berlangsung mulai hari ini.

Pemimpin Divisi Jaringan dan Layanan BNI Anang Fauzie memastikan ada banyak experience baru yang disuguhkan untuk pengunjung BNI Java Jazz Festival kali ini.
Pada acara musik akbar persembahan Java Festival Production ini, BNI memberikan experience sekaligus ambience yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ada banyak hal-hal yang baru. Kita selalu mencoba mengenali karakter dari nasabah kita. Kita support BNI JJF 2020 karena memang segmen nasabah kita ada di sini. Jadi kita ingin memperkenalkan mulai dari produk-produk, experience, perbankan, hingga transaksi di sini,” ujar Anang.

Salah satu teknologi yang menjadi andalan BNI untuk memberi pengalaman perbankan digital terbaik adalah melalui produk mesin BNI Sonic. Jika tahun lalu, Sonic pertama kali dirilis dengan menawarkan kemudahan dalam pembukaan rekening baru, maka kali ini pengunjung JJF 2020 akan merasakan fitur-fitur baru Sonic yang telah diperkaya.

Tidak hanya kemudahaan pada saat pembukaan rekening, BNI memastikan hampir semua transaksi perbankan telah diadopsi di mesin Sonic. Jadi, ujar Anang, semua sistem telah dibuat dalam versi self-service.

Tidak hanya langsung mendapatkan kartu setelah nasabah membuka rekening, namun untuk transaksi penarikan, setor, pembelian kartu tapcash, top-up, nasabah juga bisa langsung menikmati fitur lain. Beberapa fitur yang dapat mempermudah nasabah adalah untuk top-up gopay, linkaja, dan pembelian pulsa.

“Sonic sudah ada 25 unit. Dalam tiga bulan ini akan dipasang menjadi 150 unit. Sekarang mesin masih berada di dalam outlet. Tapi nanti kita akan keluarkan, biar sama aja seperti ATM . Kemampuan self-service ini salah satunya agar anak muda yg ke mal bisa dengan mudah untuk membuka tabungan,” tutur Anang.

Kemudahan perbankan lainnya yang ditawarkan di BNI Java Jazz Festival 2020 ini, imbuh Pemimpin Divisi Bisnis Kartu Kredit BNI Okki Rushartomo, dapat dirasakan dengan pengajuan kartu kredit tanpa perlu mengisi formulir yang sangat panjang.

“Tidak perlu pakai form sama sekali. Kalau pengunjung tidak membawa NPWP, jangan takut karena kalau sudah form digitalnya diisi, nanti akan dapat sms yang isinya berupa link yang bisa dibuka dan diisi di rumah. Kemudahan ini tentu membuat lebih aman. Karena enggak perlu fotokopi KTP dan lain-lain,” kata Okki.

Pemimpin Divisi Wealth Management BNI Irwan Gurning, juga memastikan nasabah prioritas BNI yang disebut dengan nasabah Emerald dapat menikmati perhelatan musik akbar tahunan ini dengan lebih menyenangkan lagi. Nasabah istimewa BNI dapat menikmati lounge VIP hanya dengan menggesek Rp 1,-.

Di tempat yang sama, Pemimpin Divisi Penjualan Konsumer BNI, Wiwi Suprihatno menegaskan dengan berbagai tawaran experience yang disediakan di salah satu konser musik jazz terbesar di dunia ini, BNI ingin memperkuat posisinya sebagai bank digital.

“Kami menyebar tidak kurang dari 100 orang petugas sales yang bisa memandu dan membantu pengunjung merasakan journey digital selama tiga hari gelaran event ini. Dari mulai memberikan experience di Sonic yang di tahun ini kita kembangkan lagi dengan berbagai fitur kemudahan bertransaksi, hingga membantu pengunjung dalam me-reading award yang tersedia di kartu debit mereka,” tutur Wiwi.

Selain menawarkan pengalaman perbankan digital, Pemimpin Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI J Donny Bima pun memastikan bahwa program reward Poin+ untuk nasabah yang membuka tabungan selama tiga hari gelaran BNI Java Jazz Festival membuat pengunjung berkesempatan untuk membawa pulang merchandise khusus Java Jazz.

Produk BNI yang menarik lainnya adalah TapCash yang dikeluarkan dengan desain khusus dalam acara tahun ini. Pemimpin Divisi e-Banking BNI, Sri Indira, mengatakan TapCash kali ini dibuat dengan empat edisi regular dan dua edisi musisi spesial yaitu The Jackson dan Omar Apollo.

“Kami memproduksi 50ribu, targetnya edisi-edisi khusus Java Jazz ini keluar semua. Empat edisi regular Java Jazz kali ini pun telah dibuat khusus karena warna hitam yang digunakan sebagai dasar di kartu TapCash itu sebenarnya akan glow in the dark saat malam hari,” tutur Indira.

Tidak hanya menyajikan experience digital, Wakil Pemimpin Divisi Komunikasi Pemasaran BNI Ganto Novialdi memastikan juga bahwa melalui karakter Funky Bunch, BNI ingin menegaskan posisi sebagai bank digital yang berbeda dengan bank lain ataupun fintech.

“Bisa dilihat dari karakter-karakter yang lebih fun dan energik. Ini yang ingin kita highlight. BNI memberikan layanan digital yang lebih lengkap dan ditujukan untuk target market lebih muda. Inilah fun life digital kita,” ucap Ganto.

(Tino Oktaviano)