Jakarta, Aktual.com – Atalanta gagal naik ke puncak klasemen Serie A setelah imbang 1-1 melawan Cremonese pada Ahad (11/9) sehingga Napoli mempertahankan posisinya sebagai pemimpin klasemen.

Aakhir pekan lalu pasukan Gian Piero Gasperini mencatat sejarah dengan menjadi pemimpin klasemen liga papan atas Italia untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun.

Namun gol penyama kedudukan Emanuele Valeri pada menit ke-78 membuat Cremonese mendapatkan satu poin di Bergamo yang sekaligus membuat Atalanta berada pada urutan kedua.

Atalanta yang membuka skor melalui Merih Demiral empat menit sebelum gol Valeri itu mengumpulkan 14 poin yang sama dengan yang dikoleksi Napoli dan juara bertahan AC Milan yang keduanya menang sehari sebelumnya.

Cremonese yang promosi ke Serie A untuk pertama kalinya sejak 1996 tetap menempati posisi tiga terbawah dengan dua poin dari enam pertandingan.

Dalam pertandingan lainnya, Bologna menaklukkan tim tamu Fiorentina dengan 2-1.

Fiorentina unggul lebih dulu pada menit ke-54 lewat gol Lucas Martínez Quarta, namun lima menit kemudian disamakan oleh Musa Barrow. Sedangkan Marko Arnautovic menjadi penentu kemenangan Bologna pada menit ke-62.

Pada detik terakhir waktu tambahan babak kedua, Fiorentina kehilangan Igor Julio yang mendapatkan kartu merah.

Kemenangan juga dipetik oleh Udinese yang membungkam tuan rumah Sassuolo yang bertanding selama separuh masa pertandingan dengan sepuluh orang.

Sassuolo memimpin lebih dulu pada menit ke-33 dari gol Davide Frattesi, namun sepuluh menit kemudian mereka terpaksa bermain dengan sepuluh orang setelah Ruan diganjar kartu merah pada menit ke-43.

Udinese memanfaatkan betul surplus satu pemain dengan mencetak tiga gol pada babak kedua yang dua di antaranya dicetak Beto dan satu gol lainnya oleh Lazar Samardzic.

Sementara Lecce gagal mengoptimalkan keuntungan tampil di kandang sendiri setelah hanya bisa seri 1-1 melawan
Monza.

Tim tamu Monza bahkan memimpin lebih dulu pada menit ke-35 lewat gol Stefano Sensi yang baru bisa disamakan pada babak kedua oleh Joan Gonzalez pada menit ke-48.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)