Semarang, Aktual.com – Gubernur Jawa Tangah Ganjar Pranowo memantau langsung titik banji di kawasan Kaligawe, Jateng. Ganjar langsung menginstruksikan petugas untuk bergerak cepat menyedot sisa banjir di kawsan itu.

“Kita langsung tancap gas untuk menyedot sisa-sisa banjir yang kemarin terjadi di Kaligawe. Balai Besar Wilayah Sungai dan Pemkot Semarang juga langsung sigap mengirimkan tim,” ujar Ganjar lewat Instagramnya yang dikutip, Selasa (4/1).

Dalam penanganan banjir yang lebih besar, selain mengoptimalkan rumah-rumah pompa, pihaknya saat ini juga sedang berlangsung yaitu jalan tol Semarang-Demak yang sekaligus jadi penangkal banjir rob.

Ganjar menyatakan gerak cepat untuk mengatasi banjir merupakan bentuk pelayanan publik. Dengan hilangnya banjir, lanjut Politisi PDIP ini, masyarakat tidak akan terganggu dalam menjalankan aktivitas.

Pihaknya, diaku Ganjar, juga menyampaikan telah memberi instruksi kepada petugas lapangan untuk terus membersihkan aliran sungai. Selain memperlancar air ketika hujan lebat, sungai yang bersih juga tidak akan membuat pompa penyedot air bekerja dengan optimal.

Dia juga menginstruksi jajarannya untuk terus bersiaga mengatasi banjir dan bencana sesuai dengan imbauan dari BMKG.

“Pada saat terang kemudian ada genangan cepat-cepat disedot, itu layanan publik. Sehingga layanan publiknya harapannya masyarakat yang lewat situ sudah bisa menikmati jalan yang kering gitu, bukan ditinggal. Maka tadi saya sudah kontak dari provinsi untuk komunikasi,” beber dia.

(Wisnu)