Meulaboh, Aktual.com – Sebanyak 1.000 orang santri yang selama ini belajar di pesantren tradisional di Kabupaten Aceh Barat setiap tahunnya mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan dari pemerintah daerah setempat, masing-masing sebesar Rp1 juta per orang.

“Alhamdulillah, bantuan beasiswa sebesar Rp1 juta per orang per santri ini kita berikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada santri,” kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS di Meulaboh, Ahad (15/11).

Menurutnya, total bantuan yang diberikan kepada santri di Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 2018 lalu hingga tahun 2020 mencapai Rp3 miliar, dengan jumlah penerima diperkirakan mencapai 3.000 orang.

Bantuan tersebut, kata Ramli MS, dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Kabupaten Aceh Barat setiap tahunnya.

Ia menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada santri yang selama ini berasal dari kalangan keluarga kurang mampu serta santri yang berprestasi di pesantren.

“Bantuan ini diharapkan dapat memotivasi para santri, agar semakin lebih baik menuntut ilmu di pesantren. Karena para santri merupakan calon ulama di masa depan,” kata Ramli MS menambahkan.

Ia menjelaskan, program pemberian beasiswa yang diberikan kepada setiap santri di Kabupaten Aceh Barat tersebut, guna mendukung program pemerintah pusat yang menetapkan Hari Santri melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015, dan diperingati setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, kata Ramli MS menegaskan. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)