Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan pada Selasa.

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Selasa (16/2), memprakirakan cuaca pada pagi ini di seluruh Jabodetabek hujan dengan intensitas bervariasi.

Wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Bekasi kemungkinan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang pada pagi hari, sedangkan wilayah lainnya mengalami hujan ringan.

Cuaca hujan tersebut menyusul di siang hari dengan wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang, akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan wilayah Bogor diprakirakan pada siang hari mengalami hujan dengan intensitas lebat.

Hujan yang diprakirakan mengguyur beberapa wilayah Jabodetabek pada siang hari kemungkinan juga akan berlanjut selepas sore.

Wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Depok, Bekasi, dan Bogor kemungkinan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang pada malam hari. Sedangkan Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang akan mengalami hujan ringan.

Sebelumnya, BMKG menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek, berdasarkan perkembangan kondisi dinamika atmosfer yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Aliran massa udara dingin dari Asia (Asian cold surge) dan fase basah Madden Julian Oscillation (MJO) masing-masing kembali berkolaborasi dan kemungkinan akan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem.

(Antara)

()