Jakarta, Aktual.com — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendukung turnamen Piala Jenderal Sudirman yang akan digelar pada 14 November 2015 mendatang.

“Kepada PSSI, harapannya jangan dipersulit. Kami masih berprasangka positif PSSI bisa melakukan hal-hal yang positif untuk Piala Jenderal Sudirman,” kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, Rabu (28/10).

Apalagi, sambung Gatot, komitmen untuk menggelar Piala Jenderal Sudirman merupakan perintah dari Presiden, sehingga sudah seharusnya tidak mungkin mempersulit perintah tersebut.

“Saya kira hikmah dari Piala Presiden sepertinya menjadi pelajaran bagi kami dan PSSI, yang penting ada aktivitas yang dilakukan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti menyebut pihaknya akan memberikan rekomendasi untuk gelaran Piala Jenderal Sudirman jika turnamen tersebut dilaksanakan oleh PT Liga Indonesia. Menurut siaran pers situs resmi PSSI, pernyataan La Nyalla tersebut sejalan dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga.

“Hasil RUPS Luar Biasa PT Liga Indonesia pada Sabtu kemarin sudah jelas, klub tidak akan ikut turnamen yang tidak direkomendasikan PSSI,” kata dia.

La Nyalla menegaskan rekomendasi akan diberikan jika pelaksananya PT Liga Indonesia karena terkait dengan 14 klub peserta yang ikut berasal dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan beberapa perangkat pertandingan yang rencananya akan dipakai.

()