Jakarta, Aktual.co — Obyek wisata alam Situ Cileunca di Pangalengan akan menjadi tuan rumah Gebyar Wisata Kabupaten Bandung 2014 pada Minggu (9/11).
“Gebyar wisata tahun ini dipusatkan di Situ Cileunca, salah satu kawasan wisata unggulan di selatan Kabupaten Bandung. Seluruh potensi wisata akan ditampilkan di sana,” kata Kepala dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung, Ahmad Johara, di Bandung, Jumat (7/11).
Menurut Johara, kegiatan untuk mendorong kunjungan wisata ke Kabupaten Bandung itu akan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya, hiburan tradisional yang dikemas menarik dan bisa mengundang kunjungan wisata akhir pekan ini.
Kegiatan yang akan dibuka oleh Bupati Bandung H Dadang Naset itu akan menampilkan pameran kuliner dengan nuansa jajanan rakyat khas Bandung selatan, lomba fotografi, kerajinan serta beberapa kegiatan wisata lainnya.
“Kegiatan itu juga akan dirangkai dengan kegiatan gerakan makan ikan juga akan dilakukan penebaran benih ikan di Situ Cileunca,” ucap Ahmad Johara.
Lebih lanjut ia menyebutkan, pariwisata merupkan salah satu unggulan Kabupaten Bandung untuk meningkatkan kunjungan ke kawasan itu. Hampir seluruh ‘sabuk’ pegunungan di Kabupaten Bandung dari Gunung Malanglayang, Cicalengka, Majalaya, Ibun, Kertasari, Pangalengan, Ciwidey dan Rancabali menjanjikan wisata alam yang indah bagi wisatawan.
Selain wisata alam, potensi pariwisata unggulan di Kabupaten Bandung dilengkapi pula dengan kawasan pariwisata budaya, kawasan pariwisata agro dan kawasan pariwisata terpadu dan olahraga.
Kawasan wisata agro, antara lain di kawasan agrowisata stroberi, teh dan sayuran di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Pangalengan, Pasirjambu, Ibun dan Arjasari. Sementara pariwisata alam bisa ditemui di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Ibun dan Cimaung.
Kabupaten Bandung juga memiliki Kampung Cai dan potensi wisata Gunung Patuha dan Kawah Putih di kawasan Ciwidey dan Rancabali.

()