Jakarta, Aktual.co —Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta menggunakan jejaring sosial Twitter untuk menyebarluaskan  informasi mengenai perbaikan jalan di seluruh wilayah Jakarta.

“Dinas PU dan Suku Dinas PU pakai Twitter untuk informasikan perbaikan jalan,” kata Kepala Suku Dinas PU Jalan Jakarta Selatan Yusmada Faizal, di Jakarta, Rabu (22/10)

Di bawah Dinas PU, Suku Dinas PU Jalan dan Tata Air di lima wilayah di Jakarta juga memanfaatkan Twitter untuk melaporkan pekerjaan jalan yang telah atau sedang dilakukan.

Media sosial Twitter ini, kata Yusmada, digunakan untuk penyebaran informasi kepada masyarakat pengguna jalan apabila terjadi hambatan lalu lintas akibat pekerjaan perbaikan jalan.

Ia mencontohkan, memanfaatkan Twitter untuk mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari Jalan TB Simatupang yang sedang ada perbaikan.

“Ini, saya sudah sampaikan lewat Twitter beberapa hari lalu agar pengguna jalan menghindari jalan TB Simatupang karena ada proyek perbaikan jalan Kementerian PU,” kata dia.

Berdasarkan keterangan Yusmada, proyek tersebut merupakan peninggian badan jalan yang dilakukan Kementerian PU. Perbaikan tersebut berada di Jalan TB Simatupang arah Lebak Bulus, tepatnya di bawah jembatang penyebrangan sebelum lampu merah perempatan Taman Margasatwa Ragunan.

Proyek yang memakan separuh badan jalan itu mengakibatkan kemacetan panjang hingga jalan layang perlintasan kereta api Tanjung Barat setiap harinya.

Pemanfaatan media sosial Twitter ini diakui Yusmada merupakan yang pertama kali dilakukan sejak Presiden Joko Widodo baru mulai menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu. Akun Twitter Dinas PU DKI Jakarta dan Suku Dinas PU Jalan Jakarta selatan yakni @PoskoDPUDKI dan @sdpujalanjaksel.

(Andy Abdul Hamid)