Normalisasi Sungai Ciliwung, Pemasangan turap Kali Ciliwung
Pemasangan turap Kali Ciliwung. (Foto: Dok/Ist)
Jakarta, Aktua.com – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengemukakan, pembangunan sodetan Kali Ciliwung diharapkan bisa beroperasi pada Maret 2023.
Pasalnya, sodetan Kali Ciliwung ini sebagai salah satu proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota

Selain sodetan Ciliwung, kata Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga membangun tanggul dan normalisasi Kali Ciliwung guna mengatasi banjir di Ibu Kota.

Sodetan Ciliwung merupakan bagian dari Program Strategis Nasional (PSN). Karena itu, Pemprov DKI memerlukan dukungan dari masyarakat mengingat dalam proses pengerjaannya ada warga yang terdampak dan harus direlokasi.

“Jakarta Timur memberikan tempat yang layak untuk warga yang terdampak. Perlu bantuan Pak Wali Kota. Dan kita semua harus bergotong-royong,” kata Heru, Sabtu (14/1).

Heru juga meminta seluruh ketua Rukun Warga (RW) di Jakarta Timur untuk mendukung program Pemprov DKI, termasuk penanggulangan banjir yang sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kalau enggak bekerjasama, di posisi 10 tahun ke depan penurunan tanah akan terus berlangsung dan tidak bisa menyelesaikan masalah banjir,” katanya.

Sejak menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Oktober 2022, Heru menetapkan tiga program prioritas untuk membangun Ibu Kota, yaitu penanganan banjir, kemacetan dan tata ruang.

APBD DKI 2023 juga telah difokuskan untuk mendukung tiga program tersebut.
(Wisnu)