Jakarta, Aktual.co — Status Aji Santoso sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23, masih tetap bertahan karena masa depan pelatih asal Malang untuk melatih Timnas Garuda Muda, baru akan diputuskan pada rapat Komite Eksekutif PSSI, Minggu (2/11).

Saat ini mantan pelatih Persebaya Surabaya itu, baru saja melaporkan semua kegiatan yang dilakukan termasuk evaluasi terhadap hasil keikutsertaan Timnas Garuda Muda pada Asian Games 2018 di Incheon, Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

“Evaluasi telah kami lakukan, untuk hasilnya kita tunggu saja. Untuk masalah keputusan bukan lagi tanggung jawab BTN, melainkan Komite Eksekutif. Kami hanya memberikan rekomendasi,” kata Ketua HPU BTN Demis Djamoeddin di Jakarta, Selasa (28/10).

Timnas Indonesia U-23 di bawah kepemimpinan Aji Santoso, terbilang sukses memehuni target yang ditetapkan PSSI, yaitu lolos ke babak 16 besar Asian Games 2014. Hanya saja, secara hasil pertandingan dinilai kurang memuaskan apalagi mengalami kekalahan dengan margin besar.

Pada pertandingan pertama, Bayu Gatra dan kawan-kawan mampu menang telah 7-0 atas Timor Leste. Selanjutnya menang telak 4-0 atas Maladewa. Hanya saja saat menghadapi tim yang selevel, Indonesia harus menyerah 0-6 dari Thailad.

Secara target memang cukup terpenuhi. Namun jika dilihat dengan hasil, Timnas Indonesia tertinggal dari tim selevel seperti Thailand. Bahkan saat di babak 16 harus mengakui keunggulan Korea Utara dengan skor 1-4.

Tercapainya target pada Asian Games 2014 juga diakui oleh Aji Santoso. Menurut dia, sebagai pelatih pihaknya harus menyampaikan laporan mulai persiapan hingga timnas turun pada kejuaraan empat tahunan itu.

“Kalau masalah target saya rasa sudah terpenuhi. Untuk masalah evaluasi memang ada mekanismenya. Saya harus menghormati itu,” kata Aji Santoso usai evaluasi dengan BTN.

Mantan pemain Arema dan Persebaya itu saat ini menjadi bidikan beberapa klub besar yang turun dikompetisi Indonesia Super League (ISL) diantaranya tim asal ibukota yaitu Persija. Keputusan dikontraknya pelatih asal Malang itu tergantung hasil evaluasi PSSI.

Pihak Persija bahkan sudah memanggil Aji Santoso untuk memaparkan program yang dimiliki guna membawa tim Macan Kemayoran itu menjadi juara kompetisi tertinggi di Tanah Air musim depan. Dengan belum adanya keputusan, maka Persija Jakarta harus bersabar.

()

()