Ilustrasi Zakat (Gambar : Antara)

Jakarta, Aktual.com – Zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan, baik laki-laki maupun perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Hukum zakat fitrah ialah wajib. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadits berikut, yang artinya:

“Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah (pada bulan Ramadhan kepada setiap manusia).” (HR. Bukhari – Muslim).

Aadapun macam-macam zakat fitrah menggunakan makanan atau kebutuhan pokok dari suatu wilayah terkait seperti beras, gandum, kurma, susu dan lain sebagainya. Menurut mayoritas pendapat ulama bahwa zakat fitrah di keluarkan dengan kadar ukuran 1 sha atau sekitar 2,5 sampai 3,5 kilogram.

Sejarah menunjukkan bahwa banyak nabi sebelum Nabi Muhammad (SAW) juga diperintahkan oleh Allah SWT untuk mematuhi prinsip-prinsip zakat. Ini juga menunjukkan bahwa ide-ide tentang zakat secara bertahap diperkenalkan ke masyarakat selama masa Nabi Muhammad (SAW).

Lalu, apa saja keutamaan zakat fitrah dan manfaat untuk setiap umat muslim?

Jaminan Masuk Surga

Dikutip dari situs Laznas Yakesma, manfaat zakat fitrah yang pertama ialah jaminan masuk surga. Hal ini sebagaimana dalam salah satu surah Al-Quran berikut ini, Allah SWT berfirman:

“Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” (QS. An-Nisa’: 162).

Harta menjadi berkah

Manfaat zakat fitrah berikutnya dapat menjadikan harta yang dimiliki menjadi lebih berkah. Sehingga setiap muslim yang menunaikan zakat maka harta yang dimilikinya akan barakah. Sebagaimana hadits berikut ini, Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim)

Dilansir dari NU Online, adapun maksud hadits di atas ialah bahwa zakat seseorang tidak akan mengurangi hartanya sedikitpun. Meskipun harta seseorang berkurang, akan tetapi setelah dizakati maka harta seseorang menjadi lebih berkah.

Diampuni Dosa-Dosanya

Seorang muslim yang membayar zakat, maka kesalahan dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Tidak hanya itu, Allah SWT juga telah menjamin bagi setiap muslim yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat akan dijamin masuk surga. Sebagaiamana dalam Al-Quran Surat Al-Ma’iddah: 12, Allah SWT berfirman:

“Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: “Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik Sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. dan Sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma’iddah: 12).

Mendapatkan Pahala Terbaik

Manfaat zakat fitrah lainnya ialah Allah akan memberikan kepada hamba nya pahala yang terbaik. Selain itu, setiap muslim yang menunaikan zakat juga akan ditambahkan rezkinya oleh Allah. Sebagaimana dalam Al-Quran Surah An-Nuur ayat 37-38 berikut ini, artinya:

“(Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dariapa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (QS. An-Nuur: 37 – 38).

(Nurman Abdul Rahman)