Washington, Aktual.com – Amerika Serikat mengeluarkan peringatan perjalanan di seluruh dunia, kepada segenap warganya, mengingat peningkatan ancaman teroris setelah serangan di Paris, Prancis beberapa waktu lalu.

“Keterangan terkini menunjukkan ISIL (alias Daesh), Al-Qaeda, Boko Haram, dan kelompok teroris lain merencanakan serangan teror di beberapa kawasan,” kata penasihat perjalanan Departemen Luar Negeri AS, dikutip dari AFP, Selasa (24/11).

Peringatan perjalanan ini berlaku mulai Senin (23/11) waktu AS, hingga 24 Februari 2016.

Penasehat itu menambahkan, warga AS diharuskan melatih kewaspadaan saat berada di tempat-tempat umum atau sarana transportasi publik.

“Diusahakan menghindari keramaian, dan berhati-hati terutama saat musim liburan, Dengan menyebut beberapa serangan terbaru di Denmark, Prancis, Mali, Nigeria, dan Turki, Departemen Luar Negeri AS juga memperingatkan tentang ancaman serangan oleh orang-orang yang tidak terafiliasi namun terinspirasi oleh kelompok teror,” katanya.

Departemen Luar Negeri AS sering mengeluarkan peringatan perjalanan untuk masing-masing negara, namun “peringatan perjalanan ke seluruh dunia” ini terbilang langka dan dikeluarkan setelah terjadinya serangkaian serangan di beberapa negara.

Dalam peringatan perjalanan itu juga disebutkan serangan terkini dapat menggunakan berbagai taktik dengan senjata konvensional maupun non-konvensional dan menargetkan kepentingan resmi maupun swasta.

()

()