Jakarta, Aktual.com — Tenun Songket dengan motif terbanyak asal Sumatera Selatan siap memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia pada acara peluncuran songket sebagai warisan budaya, akhir Juli 2015 nanti.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, Permana, di Palembang, Senin (29/6), membenarkan pihaknya akan meuncurkan kain songket sebagai warisan budaya itu.

Dalam acara peluncuran tersebut akan ditampilkan gaun songket dengan motif terbanyak hasil karya istri Gubernur Sumsel, Hj Eliza Alex.

Nantinya akan ditampilkan rancangan songket dengan 46 motif songket yang ada di Palembang, ujar dia lagi.

Menurut dia, gaun songket tersebut akan sangat indah dipandang karena menampilkan hampir seluruh motif songket khas Sumsel.

Ketua Dekranasda Sumsel Hj Eliza Alex Noerdin, usai rapat beberapa waktu lalu mengatakan, peluncuran songket sebagai warisan budaya dunia nanti akan menjadi gebyar bagi masyarakat Sumsel.

Apalagi ditambah dengan adanya pemecahan rekor MURI yang akan membuat gaun dari 46 motif songket yang ada, ujarnya.

Persiapan pemecahan rekor MURI dan peluncuran itu, masih terus dibahas dengan dinas terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

Kegiatan ini juga momentum bagi para penenun songket yang ada di Palembang, agar produk tenun songketnya bisa dilirik dunia internasional, kata dia lagi.

Dalam acara itu juga direncanakan akan ada pemecahan rekor MURI lain, yakni songket terpanjang, dan ratusan penenun songket serta ribuan masyarakat bersama-sama mengenakan songket.

()

()