Ilustrasi- Seorang Wali

Jakarta, Aktual.com– Seorang wali biasanya pasti diberikan oleh Allah SWT kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Syekh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitabnya menjelaskan bahwa ada seorang wali yang diberikan oleh Allah SWT dengan tiga do’a yang pasti akan dikabulkan.

Suatu ketika seorang wali tersebut memiliki istri. Karena sang istri mengetahui karomah dari suaminya ini, ia meminta didoakan dengan doa yang sangat umum. Bahkan bisa dibilang permintaannya ini sangatlah umum bagi perempuan lain. Yakni ia ingin didoakan menjadi cantik.

Ketika bertemu dengan suaminya tersebut, ia berkata, “Wahai suamiku, mohon berdoalah kepada Allah agar aku memiliki wajah yang cantik,”

Mendengar hal tersebut, sang Wali mengiyakan permintaan dari sang istrinya. Kemudian di tengah malam ia berdoa kepada Allah SWT, “Ya Allah, ubahlah wajah istri menjadi cantik,”

Beberapa saat kemudian sang istri yang awalnya memiliki wajah yang tak cantik seketika menjadi sangat cantik tanpa harus merawat dirinya.

Akan tetapi, kecantikannya tersebut tidak ia gunakan dengan baik. Sang istri ini justru menarik perhatian laki-laki yang lain, banyak laki-laki yang menarik perhatian. Sampai suatu waktu dia ketahuan menjalin hubungan dengan laki-laki lain.

Setelah ia mengetahui bahwa sang istri menjalin hubungan dengan laki-laki lain, ulama tersebut marah. Kemudian dia berdoa kepada Allah SWT agar wajah sang istri diubah menjadi lebih buruk rupanya, “Ya Allah, ubahlah wajah istriku menjadi buruk rupa,”

Doa yang kedua ini langsung dikabulkan oleh Allah SWT.

Seketika wajah sang istri berubah menjadi lebih buruk, istri sangat menyesal atas perbuatannya. Dia meminta maaf kepada suaminya, kemudian dia minta didoakan agar dikembalikan seperti semula.

Doa ketiga pun ia panjatkan lagi, istri kembali seperti sedia kala. Akhirnya tiga doa yang dipanjatkan tersebut berguna dengan sia-sia. Bukan ia gunakan untuk kepentingan akhiratnya.

Waallahu a’lam

(Rizky Zulkarnain)

(Arie Saputra)