Jakarta, Aktual.com — Eric Dier membukukan gol penentu kemenangan ketika Inggris bangkit dari tertinggal dua gol untuk menaklukkan rival lawasnya Jerman dengan skor 3-2 pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Sabtu (26/03).

Dan pemain pengganti Jamie Vardy mencetak gol melalui sepakan yang mengejutkan, gol internasional pertamanya.

Jerman terlihat akan mengamankan kemenangan rutin ketika mereka ungul 2-0 melalui Toni Kroos dan Mario Gomez, gol pertamanya sejak Piala Eropa 2012, setelah satu jam.

Namun Harry Kane mengubah arah permainan dengan gol oportunisnya, sebelum Vardy memperlihatkan kemampuan briliannya hanya tiga menit setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Nathaniel Clyne mengirim umpan silang dari kanan dan penyerang Leicester City itu mengarahkan kakinya di belakang kaki penopangnya untuk menggulirkan bola ke tengah-tengah kiper Jerman Manuel Neuer dan tiang dekatnya.

Kemudian Dier melompat mengungguli pertahanan Jerman untuk mencetak gol dengan tandukan kepala dari tendangan sudut Jordan Henderson pada menit ke-91.

Ini merupakan pertama kalinya Inggris bangkit dari tertinggal dua gol untuk menang, sejak mereka menang 3-2 atas Italia pada 1976 dan merupakan pertama kalinya dalam sejarah di mana Jerman atau Jerman Barat menelan kekalahan setelah sempat unggul dua gol di kandang sendiri.

Bahkan meski ini hanya pertandingan persahabatan, ini tetap kemenangan yang tidak dapat dilupakan dan layak didapat oleh tim Inggris yang menurunkan banyak pemain minum pengalaman internasional, yang lebih kreatif sepanjang pertandingan.

“Inggris layak menang, bahkan ketika kami unggul 2-0 kami membiarkan Inggris memiliki banyak peluang,” kata pelatih Jerman, Joachim Loew kepada televisi ZDF.

“Ini merupakan pelajaran bagus bagi tim kami.”

“Saat turun minum saya pikir ini sangat tidak adil bahwa kami tertinggal 0-1,” kata pelatih Inggris Roy Hodgson kepada ITV.

“Pada kedudukan 0-2 saya pikir ini semakin tidak adil.”

“Kami menciptakan peluang-peluang yang lebih baik dan kembali dan mencetak tiga gol merupakan hal fantastis. Para pemain layak mendapat kredit yang sangat hebat.”

Inggris menciptakan beberapa peluang yang bagus pada babak pertama tanpa benar-benar menguji Neuer.

Namun Jerman membuka keunggulan pada menit ke-43 ketika kiper Inggris Jack Butland mengirim bola sapuan kepada Mesut Ozil, dan ia memberikan bola kepada Kroos yang memasukkan gol melalui tembakan dari jarak 25 meter.

Butland, yang cedera saat melakukan penyelamatan, digantikan oleh Fraser Forster, yang tidak berdaya ketika Gomez berada di depan Clyne untuk menanduk bola menjadi gol kedua Jerman pada menit ke-57.

Kane memulai kebangkitan timnya ketika ia mendapatkan bola liar di kotak penalti, menaklukkan dua pemain bertahan dan mencetak gol dengan tembakan menuju sudut jauh pada menit ke-61.

Dele Alli melepaskan tembakan yang tertahan kaki Neuer, Vardy kemudian menyamakan kedudukan dan Inggris semestinya memenangi pertandingan pada menit ke-85 ketika pemain 19 tahun Alli melepaskan tembakan yang melambung dari jarak 12 meter.

Namun gol di menit terakhir dari Dier memastikan kemenangan tim tamu, dan publik Olympia stadion tersentak dengan hasil yang sulit mereka percayai ini.

(Antara)

()