Jakarta, Aktual.com – Timnas Skotlandia meraih kemenangan saat menjamu Ukraina pada lanjutan Liga Negara Eropa 2022 (UEFA Nations League) dengan skor 3-0 di Stadion Mapden Park, Kamis (22/9) dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Timnas Skotlandia dicetak oleh J. McGinn (70) dan dua gol L. Dykes (80, 87). Sementara tim tamu tidak mampu mencetak satu pun gol balasan.

Kemenangan ini membuat Skotlandia kokoh di puncak klasemen Grup E UEFA Nations League 2022 dengan 9 poin dari 4 pertandingan. Ukraina membuntuti mereka di posisi kedua dengan 7 poin.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Timnas Skotlandia mampu menguasai pertandingan di awal babak pertama. Namun, Ukraina masih mampu menampilkan permainan yang solid di lini belakang mereka.

Meski begitu, Ukraina sempat beberapa kali memiliki peluang lewat serangan balik cepat yang diperagakan Andriy Yarmolenko dkk. Skotlandia sempat kerepotan meladeni gaya permainan Ukraina yang sangat efektif.

Setelah itu, kedua tim masih saling jual beli serangan di sisa babak pertama. Namun, tidak ada gol yang tercipta sepanjang 45 menit jalannya babak pertama. Skor kaca mata mengantarkan kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua, Skotlandia masih memegang kendali permainan dan terus mengempur pertahanan Ukraina. Sampai akhirnya, tim tuan rumah mampu mendapatkan gol pembuka di menit ke-70.

McGinn mampu melesatkan tembakan keras ke sisi kiri gawang Ukrainan yang tidak mampu dibendung oleh kiper tim tamu. Skotlandia unggul 1-0 atas Ukraina.

Di menit ke-80, Skotlandia mampu menggandakan keunggulan mereka lewat aksi L. Dykes. Turun dari bangku cadangan, Dykes langsung memberikan dampak yang luar bisa bagi tim tuan rumah dengan mencetak gol memanfaatkan umpan R. Fraser.

Tujuh menit berselang, Dykes kembali mencatatkan namanya di papan skor. Lewat skema yang hampir sama dengan gol kedua, Dykes kembali memanfaatkan umpan dari Fraser untuk mencetak gol dan membawa tuan rumah memimpin 3-0.

Gol tersebut menjadi yang terakhir pada laga kali ini. Alhasil, Skotlandia keluar sebagai pemenang dengan skor meyakinkan 3-0.

(Andy Abdul Hamid)