Jakarta, aktual.com – Sebagai momen yang paling dinantikan oleh umat muslim usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Hari Lebaran sangat erat dengan tradisi mudik atau pulang kampung serta bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga.

Silaturahmi biasanya tak lepas dari sajian aneka hidangan kecil seperti kue kering hingga makanan besar seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, hal tersebut akan menyerap biaya yang cukup banyak.

Agar dapat mengelola anggaran dengan baik, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan, dikutip dari siaran pers Ternak Uang pada Kamis.

Tentukan anggaran

Anda perlu membuat rincian terkait kebutuhan di Hari Lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, angpau untuk keluarga, dan sebagainya.

Rincian anggaran akan membantu Anda supaya keuangan tidak menipis usai Lebaran.

Pisahkan THR dan gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan Anda tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit.

Anda harus tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, Anda bisa menggunakan THR.

Persiapkan dana darurat

Meski Hari Lebaran singkat, bukan berarti dana darurat tidak diperlukan. Anda harus tetap mempersiapkan dana darurat dalam bentuk tunai untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak terduga.

Berbelanja sesuai kebutuhan

Momen Lebaran memang seringkali membuat sebagian orang kalap dalam berbelanja karena berpikir momen tersebut hanya sekali dalam setahun.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah dibuat, kesampingkan barang-barang yang tak dibutuhkan.

Belajar keuangan

Tidak ada salahnya Anda belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah seperti over budget yang akan membuat Anda kesulitan setelah lebaran.

Anda bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan di Ternak Uang Academy. Di sana, Anda akan belajar mengatur keuangan dari nol dengan bantuan profesional.

Mengatur keuangan tak berhenti sampai di Hari Lebaran saja. Selanjutnya, Anda harus tetap disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.

Anda juga harus segera melunasi utang jika saat Hari Lebaran Anda menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga harus kembali menabung. Perlu diingat, uang tabungan sebaiknya disisihkan di awal, bukan menunggu sisa pengeluaran.

(Rizky Zulkarnain)