Sejumlah warga memelintas di depan KRI Usman Harun (359) yang bersandar di dermaga Pelabuhan Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Minggu (29/5). Kehadiran salah satu kapal perang terbaru TNI AL tersebut, dalam rangka patroli perbatasan laut serta mengawal kunjungan kerja Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangkoarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto di sejumlah pulau terdepan yang berbatasan dengan Filipina. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/pd/16.

Jakarta, Aktual.com – TNI Angkatan Laut Indonesia berencana melakukan kerja sama patroli terkoordinasi dengan Angkatan Laut Filipina untuk meningkatkan keamanan perbatasan antar kedua negara.

“Kami berencana melakukan patroli perbatasan bersama-sama, dan diusulkan digelar dua kali setahun,” kata Panglima Armatim Laksamana Muda TNI Darwanto, dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (27/10).

Sebelumnya, Darwanto saat menutup sidang di Markas Komando Armatim, Rabu (26/10) malam juga mengatakan kerja sama kedua negara tersebut tertuang dalam Sidang Tingkat Ketua Komite Perbatasan antara Republik Indonesia dan Republik Filipina yang ke-35.

Ia mengatakan, patroli kedua negara itu akan berfokus di perbatasan Laut Sulu, yakni antara Miangas dan Filipina. Kerjasama ini dilakukan menyusul maraknya penyanderaan dan penculikan kelompok separatis.

ant

(Nebby)