Jakarta, Aktual.co — Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Tono Suratman, meminta kepada pengurus KONI DKI, untuk segera melakukan Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub). Ini dilakukan untuk mencari Ketua KONI DKI yang baru.

Seperti diketahui, Ketua KONI DKI, Winny Erwindia, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung RI, atas dugaan korupsi pengadaan pesawat latih. Sehingga, dengan ditetapkannya Winny Erwindia, maka pucuk pimpinan di KONI DKI, praktis kosong.

Namun, pengurus KONI DKI telah menunjuk Eddy Widodo sebagai pelaksana harian (plh), menggantikan Winny Erwindia. Dan hal itu dinilai kurang oleh Tono Suratman.

“Plh itu kan enam bulan paling maksimal dan bisa dua kali menunjuk plh. Tapi saya sudah meminta KONI Jakarta untuk segera menggelar pemilihan Ketua Umum baru,” kata Tono kepada Aktual.co di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis (6/11).

Meski begitu, beberapa hari lalu, pelaksana tugas (plt) Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), juga meminta KONI DKI untuk segera menggelar pemilihan ketua baru.

Menanggapi saran tersebut, Tono yang ditemui saat Rapat Koordinasi (Rakor) KONI se-Indonesia, pun menegaskan bahwa dirinya akan segera menindaklanjuti permintaan itu.

“Iya mudah-mudahan bisa di bahas juga di Rakor nanti. Mungkin saja ada saran juga dari rekan KONI provinsi yang lain,” tutup Tono.

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung telah menahan Ketua KONI DKI Winny Erwindia pada akhir Agustus 2014 lalu, karena terjerat kasus korupsi pengadaan pesawat ATR 42-5.000 saat menjabat sebagai Dirut Bank DKI. Nilai korupsi pengadaan pesawat latih itu lebih kurang Rp80 miliar.

()

()