Jakarta, Aktual.co —Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan logo baru bis Transjakarta di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (10/11).
Logo tersebut diresmikan setelah diadakan sayembara dari 20 Juli hingga 28 September kemarin. Dari  2250 peserta yang mengikuti sayembara, terpilih satu logo yang paling mendekati visi dan misi PT Transjakarta.
“Logo baru dipilih karena mewakili semangat Transjakarta yaitu ramah, aman dan semangat untuk melayani perubahan terus menerus untuk perbaikan dan jalur kita untuk busway yang teratur dan rapi,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta, ANS Kosasih di Jakarta, Senin (10/11).
Dijelaskan Ahok, arti logo tersebut adalah yang naik ke atas dan turun ke bawah melambangkan jalur busway. Pada gambar tangan yang saling bertemu melambangkan pelayanan. 
“Di mana harus semangat melayani. Kalau lingkaran yang berputar adalah kami terus menerus akan melakukan perubahan terus menerus untuk kemajuan dan perbaikan pelayanan, serta gradasi warna biru melambangkan keamanan, keramahan, kenyamanan dan pelayanan yang lebih baik dan integritas dari personil Transjakarta,” tambahnya.
Kosasih mengatakan, logo bis Transjakarta yang baru hanya dipakai pada pengadaan bus baru yang akan datang. Untuk bis Transjakarta yang lama tetap menggunakan logo lama.
“Logo lebih friendly dan seluruh bus baru menggunakan logo baru ini. Kalau kita ganti yang lama, itu pemborosan dan kita kan mau ganti bisnya bukan logonya jadi kalau kita ganti logonya saja pemborosan karena tidak mengubah mutu dari bis itu sendiri,” ujarnya.
Kosasih juga mengatakan 158 bis baru yang akan datang pada bulan Desember mendatang juga tetap akan menggunakan logo yang lama.
“Yang kloter kedatangan 158 bis yang akan datang ini juga logonya tetep pakai yang lama. 59 bis datang Desember ini dari PPD dan 99 sisanya dari Prima Lestari itu terlambat, harusnya tahun ini juga. Makanya saya minta percepat, diharapkan akhir tahun masuk,” ujarnya.

()