Jakarta, Aktual.com – Berbeda dengan lebaran sebelumnya, di mana Indonesia masih menerapkan pembatasan besar-besaran akibat kasus Covid-19 yang masih tinggi, tahun 2022 ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk pulang kampung. Hal tersebut tentu saja harus diimbangi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Moda transportasi yang paling aman dipakai dan nyaman tentu saja untuk perjalanan jauh adalah pesawat terbang. Anda bisa menggunakan Bangkok Airways sebagai pilihan transportasi untuk pulang kampung di lebaran mendatang.

Pesan tiket kini lebih mudah dengan hadirnya Traveloka, tidak lagi perlu datang ke bandara yang jauh, cukup isi semua data yang diberikan lewat aplikasi di smartphone-mu dan selesaikan pembayaran. Selain itu, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan penawaran menarik, seperti voucher atau diskon.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang lebih memilih moda transportasi lainnya meskipun kenyamanan pesawat terbang tidak perlu diragukan lagi. Mereka menganggap harga tiket pesawat terlalu mahal. Maka dari itu, artikel ini akan membagikan trik cara dapatkan tiket pesawat murah untuk Anda yang berencana pulang kampung di liburan lebaran 2022.

1.   Jangan Beli Tiket Pesawat Saat High Seasons

High seasons di sini artinya periode di mana permintaan masyarakat akan barang yang dituju cukup besar. Dalam hal ini adalah tiket pesawat, jadi Anda harus tahu kapan high seasons libur lebaran berlangsung.

Biasanya, high seasons libur lebaran adalah ketika sudah mendekati lebaran, sekitar kurang dari satu minggu. Jika bisa, ambil cuti tambahan seminggu sebelum lebaran, atau meminta izin untuk bekerja secara WFH (Work From Home) seperti yang sudah biasa masyarakat lakukan selama pandemi Covid 19 menyerang dunia.

Namun, apabila tidak dapat mengambil cuti akibat pekerjaan atau kegiatan lain jauh-jauh hari sebelum libur lebaran, maka bisa ambil penerbangan hari pertama lebaran. Meskipun Anda tidak bisa berkumpul bersama ketika shalat ied, tetapi cara ini dianggap ampuh jika ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga lebih murah serta menghindari kerumunan orang pulang kampung.

2.   Beli Tiket Jauh-jauh Hari

Trik selanjutnya agar mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah adalah jangan pesan mepet libur lebaran, Anda harus beli tiket jauh-jauh hari. Lewat aplikasi Traveloka, Anda bisa membandingkan harga tiket pesawat dan temukkan harga termurah demi menghemat budget.

Umumnya, harga tiket pesawat akan terus meningkat semakin mahal jika sudah mendekati waktu keberangkatan, apalagi jika waktu keberangkatan bertepatan hari libur atau high seasons, seperti libur lebaran, libur natal, dan libur tahun baru.

Banyak orang yang menyarankan untuk beli tiket pesawat 2-3 bulan sebelumnya, kemudian jika Anda berencana pulang kampung ketika lebaran di mana adalah masa high seasons, maka bisa sekitar lima bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Walaupun harga tiket pesawat masih bisa berubah-ubah, bisa lebih murah atau lebih mahal, namun beli tiket pesawat beberapa hari sebelum keberangkatan, apalagi sehari sebelum tanggal keberangkatan pesawat, harga tiket cenderung lebih mahal.

Biasanya, tiket yang dijual ketika last minute keberangkatan adalah untuk para pebisnis yang harus pergi secara mendadak dan mereka yang tidak peduli dengan berapa pun harga tiket pesawat meskipun mahal sekalipun.

Maka dari itu, tentu saja harus diimbangi dengan jadwal Anda yang harus sudah jelas jauh-jauh hari agar tiket pesawat tidak hangus karena ternyata ada jadwal mendadak, maka dari itu rencanakan hal ini secara matang.

3.   Pilih Jam Keberangkatan Pada Malam atau Dini Hari

Jam keberangkatan malam hari atau dini hari cukup sepi, maka dari itu harga tiketnya pun cukup murah dibandingkan keberangkatan pagi hari. Sebagian besar penumpang pesawat lebih suka penerbangan siang hari karena di malam hari waktunya mereka beristirahat.

Sebuah studi dari beberapa sumber menyebutkan jika sekitar 60 persen calon penumpang yang beli tiket pesawat secara online lewat aplikasi cenderung memilih jadwal pagi hingga malam hari. Jadi, ini bisa Anda jadikan kesempatan untuk mendapatkan harga tiket pesawat dengan harga murah untuk libur lebaran.

4.   Beli Tiket Pesawat Secara Terpisah

Meskipun cara ini tidak praktis, tapi dengan begini harga bisa lebih murah dibandingkan jika Anda beli tiket banyak secara bersamaan. Hal tersebut dikarenakan harga tiket akan dipatok sama dengan harga tertinggi meskipun sebenarnya Anda mengambil kursi dengan harga yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda akan membeli lima tiket secara bersamaan dengan kursi yang berbeda-beda, di mana dua kursi harganya Rp 1.000.000,- dan tiga kursi yang lainnya harga aslinya adalah Rp 900.000,-, maka ketika check out Anda harus membayar Rp 5.000.000,- karena memang harga total tiket pesawat dikali dengan harga tiket termahal, tentu saja totalnya akan berbeda dengan jika Anda membeli secara terpisah.

5.   Pilih Rute Alternatif

Rute alternatif ini artinya adalah bandara lain yang lokasinya masih dekat dengan kota tujuanmu. Misalnya adalah bandara di Malang dan Surabaya, di mana ketika Anda menempuh secara darat dari Malang ke Surabaya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.

Jika Anda berencana pulang kampung dari Jakarta ke Malang, maka bisa pilih rute alternatif Jakarta-Surabaya yang memiliki harga tiket pesawat lebih murah dibandingkan Jakarta-Malang. Selanjutnya, dari Surabaya ke Malang bisa pakai jalur darat.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan tiket pesawat harga murah saat libur lebaran 2022.

(Nurman Abdul Rahman)