(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada akhir pekan masih bertahan di bawah level Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah Jumat (20/12) sore ditutup menguat 7 poin atau 0,05 persen di level Rp13.978 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.985 per dolar AS

“Pasar merespon ketidakpastian politik yang disebabkan oleh pemungutan suara DPR AS untuk memakzulkan Presiden AS Donald Trump,” kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta.

Trump adalah presiden ketiga yang dimakzulkan dalam sejarah AS, tetapi kemungkinan akan selamat dari persidangan di senat AS pada Januari 2020 mendatang mengingat senat dikuasai Partai Republik.

Selain itu, pasar tengah menunggu pembacaan laporan estimasi final Produk Domestik Bruto (PDB) AS untuk kuartal ketiga nanti malam.

Dari domestik, Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam konferensi pers kemarin, mengumumkan BI masih mempertahankan suku bunga dengan melihat ekonomi dalam negeri yang stabil walaupun akan ada dampak negatif dari global terutama dampak dari pemakzulan Presiden Trump yang terus menjadi topik utama selain perundingan dagang AS dan China serta Brexit.

(Arbie Marwan)