Washington, Aktual.com – Presiden AS Donald Trump menegaskan, akan menggunakan pasukan militer Amerika Serikat untuk menjaga perbatasan dengan Meksiko sampai dinding yang dijanjikan terpasang dan ada “keamanan yang layak”.

Trump menyebut penggunaan militer di perbatasan selatan itu sebagai “sebuah langkah besar”. Presiden AS itu baru-baru ini mengancam akan menghentikan bantuan AS untuk Honduras dan negara-negara lain kecuali mereka menghentikan “rombongan” migran Amerika Tengah menuju Amerika Serikat.

Ia juga menekankan ancaman untuk menghentikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) jika aliran migran itu tidak dihentikan.

“Kami akan melakukan ini dengan Meksiko, dan mereka harus melakukannya, kalau tidak saya tidak akan mengurusi kesepakatan NAFTA,” kata Trump kepada para wartawan di Gedung Putih seperti yang dilansir, Reuters, Rabu (4/4).

Ia mengatakan jika “rombongan” itu mencapai perbatasan AS “undang-undang kita sangat lemah dan menyedihkan … seakan-akan kita tidak punya perbatasan”.

(Antara)

1
2