Washington, Aktual.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk Komandan Militer Kawasan Pasifik Laksamana Harry Harris sebagai duta besar AS untuk Australia, demikian info dari Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Harris dikenal atas pandangan kritisnya terhadap ekspansi militer China. Perwira angkatan laut itu telah bertugas di militer selama 39 tahun dan berada dalam masa ketujuh kepemimpinannya sebagai kepala Komando Pasifik AS, menurut keterangan yang disampaikan Gedung Putih seperti yang dilansir Reuters, Sabtu (10/2).

Selama masa jabatan Harris sebagai kepala pasukan AS di Pasifik, ketegangan mengenai program peluru kendali dan senjata nuklir Korea Utara meningkat kala pemerintahan Presiden Donald Trump dan Pyongyang saling bertukar ancaman.

Harris, yang mendapatkan jabatan sebagai komandan di Pasifik atas penunjukan oleh mantan Presiden Barack Obama, mendukung diplomasi dalam melawan ancaman rudal Korea Utara.

Harris juga dikenal karena pandangannya yang agresif mengenai perluasan Laut Cina Selatan di China dan pendukung kuat dari apa yang disebut sebagai kebebasan operasi navigasi di mana kapal dan pesawat AS menentang klaim maritim negara-negara lain.