Jakarta, Aktual.com – Timnas Qatar menelan kekalahan keduanya di ajang Piala Dunia 2022 usai ditekuk Senegal dengan skor 1-3 pada pertandingan kedua Grup A di Stadion Al Thumama, Al Thumama, Qatar, Jumat (25/11) malam WIB.

Hasil ini hampir memastikan Qatar gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, sedangkan Senegal menjaga asa mereka untuk lolos ke babak selanjutnya dan hal itu akan tergantung pada hasil kontra Ekuador pada Selasa pekan depan.

Pada pertandingan itu, Senegal memenangkan laga berkat gol dari Boulaye Dia, Famara Diedhiou serta Bamba Dieng, sedangkan Qatar sempat membalas melalui Mohammed Muntari, demikian catatan FIFA.

Kemenangan ini menempatkan Senegal di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, sedangkan Qatar berada di posisi juru kunci dengan nol poin.

Pada babak pertama, Senegal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memberikan ancaman melalui tendangan Nampalys Mendy yang masih menyamping dari gawang Qatar.

Senegal terus memberikan ancaman, kali ini melalui upaya dari tendangan mendatar Idrissa Gueye, akan tetapi bola masih menyamping dari gawang.

Sempat tertekan, Qatar memiliki peluang ketika Akram Afif melakukan pergerakan di kotak penalti Senegal, akan tetapi Ismaila Sarr melakukan antisipasi terlebih dulu.

Senegal mampu unggul lebih dulu pada menit ke-41 melalui Boulaye Dia yang memanfaatkan kesalahan bek Qatar Boualem Khoukhi sehingga skor berubah menjadi 1-0. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Senegal langsung bermain menyerang dan membuahkan hasil pada menit ke-48 setelah sepak pojok Ismail Jakobs mampu disambut oleh Famara Diedhiou sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Qatar berusaha menciptakan peluang dan hal itu lahir ketika tendangan Almoez Ali masih bisa ditepis oleh kiper Senegal Edouard Mendy.

Qatar kembali memberikan ancaman, kali ini melalui tendangan Ismail Mohamad, akan tetapi Mendy dengan cekatan mampu mementahkan peluang tersebut.

Skuad asuhan Felix Sanchez akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui sundulan dari Mohammed Muntari memanfaatkan umpan silang dari Ismael Mohamad sehingga skor berubah menjadi 1-2 pada menit ke-78.

Senegal mencetak gol ketiga mereka di pertandingan ini melalui tendangan Bamba Dieng setelah memaksimalkan umpan tarik Iliman Ndiaye sehingga skor berubah menjadi 3-1 pada menit 84.

Di sisa waktu babak kedua, Qatar terus berupaya untuk mencari gol tambahan, akan tetapi Senegal mampu menjaga keunggulan sehingga skor 3-1 untuk kemenangan skuad The Lions of Teranga tetap bertahan.

Selanjutnya Senegal akan ditantang Ekuador pada Selasa (29/11) mendatang pada pertandingan terakhir Grup A, sedangkan Qatar akan menghadapi Belanda di hari yang sama.

(As'ad Syamsul Abidin)