Jakarta, Aktual.com – Sukses dari sisi apapun selalu menjadi dambaan bagi setiap orang, dan untuk dapat meraih kesuksesan tersebut dibutuhkan pola pikir sukses yang harus selalu disuntikkan, berupa motivasi pengembangan diri yang bertujuan untuk membangun energi-energi positif guna menopang kesuksesan tersebut.

Ada dua jalan menuju kesuksesan, yang pasti dan yang tercepat. Dan keduanya bukan jalan yang sama. Mendaki puncak gunung kesuksesan, ada dua jalan. Yang paling cepat, jalan tegak lurus langsung ke atas. Namun ini jalan yang berbahaya, terjal dan rawan kejatuhan. Atau yang kedua, jalan landai yang mengelilingi gunung. Jalan yang spiral memutar, lambat tapi pasti.

Karena dimensi ‘sukses’ sedemikian luas maka bentuk dari motivasi diri juga tidak sedikit. Berikut kami akan beri rambu-ambu agar tidak tersesat di dalam perjalanan menuju puncak kesuksesan tersebut yang bisa di jadikan panduan dan rambu-rambu secara umum:

1. Konsep

Konsep disini adalah sebuah rencana termasuk ide dan tujuan serta motivasi. Berikan pertanyaan apa dan mau kemana arah tujuan perjalanan ini, serta gambarkan dalam bentuk visi dan misi. Jika sudah jelas arah dan tujuan maka perlu di bahas Langkah berikutnya yaitu

2. Strategi

Jika sudah mengetahui gambaran dan tujuan serta arah yang jelas, maka perlu pembahasan strategi apa yang akan di gunakan. Yaitu pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

3. Skill

Disini diartikan adalah keahlian dalam menjalankan sebuah program atau rencana, untuk mendapatkan skill ini bisa melalui pengembangan diri atau yang tercepat kita merekrut orang orang yang sudah ahli di bidangnya. Tentu perlu biaya yang cukup. Jika kita sabar bisa juga melatih orang orang yang belum terlatih untuk dijadikan ahli di bidangnya.

4. Profit atau laba

Ini adalah suatu yang kemutlakan yang harus ada agar sebuah perjalanan sukses bisa di pertahankan. Banyak sebuah perjalanan menuju sukses gagal diteruskan gara gara faktor laba ini yang belum tercapai atau tidak akan tercapai alias rugi terus menerus.

5. Hardwork atau kerja keras

Ini adalah syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh elemen anggota tim agar target yang sudah dicanangkan bisa dicapai sesuai waktu yang ditentukan. Karena perjalanan yang akan ditempuh bisa berupa perjalanan yang terjal atau jauh maka diperlukan ekstra tenaga agar bisa terus bertahan hingga di garis finish.

6. Inovasi

Inovasi ini sangat diperlukan didalam perjalanan menuju kesuksesan, karena bisa jadi didalam perjalananan kita menemukan sebuah kebuntuan atau kebosanan, yang dimaksud dengan inovasi disini adalah pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia.

Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda. Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih.

7. Team work

Team work atau Kerjasama dan sama sama kerja juga mempengaruhi sebuah perjalanan sukses, sudah dipastikan saat ini kita tidak bisa bekerja dengan sendiri dibutuhkan kolaborasi dari bebrapa orang, ini alasan mengapa disetiap lamaran pekerjaan selalu dicantumkan kalimat “ sanggup bekejasama dengan tim”. Ini menunjukkan pentingnya skill berkerja dalam tim.

Inilah langkah-langkah menuju ke suksesan yang harus kita perhatikan disetiap langkah perjalanan menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat dan terus semangat mecapai impian.

(Ahmad Himawan) 

(A. Hilmi)