Jakarta, Aktual.com – Tunisia menjadi tim keempat yang membuat kejutan besar setelah menumbangkan juara bertahan Prancis dengan 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup D di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (30/11) malam ini.

Ironisnya sukses besar ini tak bisa menghindarkan Tunisia tersisih dari Piala Dunia 2022 karena saat bersamaan Australia juga membuat kejutan dengan menjungkalkan Denmark 1-0 sehingga menjadi pendamping Prancis ke 16 besar.

Hasil kedua pertandingan ini juga tak mempengaruhi posisi Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin yang sama dengan Australia namun Les Bleus menang selisih gol.

Tunisia finis pada posisi ketiga dengan 4 poin setelah sekali menang, sekali seri dan sekali kalah, sedangkan Denmark yang difavoritkan menjadi pendamping Prancis dari grup ini ke 16 besar menduduki urutan terakhir dengan 1 poin setelah dua kali kalah dan sekali seri.

Pemain kelahiran Prancis Wahbi Khazri mencetak gol semata wayang dalam laga Prancis melawan Tunisia ini.

Khazri mencetak gol kemenangan pada menit ke-58 setelah mengelabui bek-bek Prancis. Dia membuat Tunisia mencatat kemenangan ketiga dalam enam turnamen Piala Dunia yang diikuti Tunisia.

Pelatih Prancis Didier Deschamps kemudian memasukkan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele guna menghindari kekalahan fase grup Piala Dunia pertama yang dialami Prancis sejak Piala Dunia 2010.

Griezmann memang mencetak gol yang semula dianggap telah menyamakan kedudukan pada menit tambahan babak kedua ketika dia memasukkan tendangan voli ke dalam gawang Tunisia. Tetapi gol ini dianulir sebagai offside setelah tinjauan VAR yang lama.

Prancis yang merombak susunan sebelas pemainnya dengan memasukkan sembilan pemain dari tim yang mengalahkan Denmark.

Prancis kini akan menghadapi runner-up Grup C yang akan diputuskan Kamis dini hari nanti, sedangkan Australia menghadapi juara Grup C.

Di Grup C, Polandia menantang Argentina, dan Arab Saudi menghadapi Meksiko dalam pertandingan terakhirnya masing-masing. Semua tim dalam grup ini masih berpeluang ke-16 besar.

(As'ad Syamsul Abidin)