Bendera kebangsaan Turki (Foto: Google)

Ankara, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan ambang batas pemilihan umum (Parliament Threshold) di Turki akan diturunkan menjadi 7 persen, Selasa (18/1) kemarin. Seperti diketahui, Turki saat ini menggunakan ambang batas 10 persen agar partai politik mendapatkan kursi di parlemen.

Dilansir dari Anadolu Agency, Erdogan mengatakan amandemen undang-undang pemilu di Turki bakal menjadi agenda parlemen dalam beberapa minggu mendatang. Dirinya memberi tahu Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) memang tengah mengerjakan amandemen tersebut. Erdogan, misalnya, menceritakan bahwa dirinya baru-baru ini menerima rancangan tersebut dan membagikannya dengan pemimpin MHP Devlet Bahceli.

“Devlet Bahceli mengatakan draf ini juga menguntungkan mereka. Pendekatan kami adalah mendukung angka ambang batas 7 persen. Rekan-rekan kami akan bertemu lagi minggu ini atau minggu depan tentang draft yang sudah disiapkan dan dikerjakan. Kami akan memberikan bentuk finalnya dan kemudian menyelesaikan (prosesnya),” kata Erdogan.

(Megel Jekson)